test

Kesehatan

Sabtu, 7 Maret 2020 12:01 WIB

4 Kebiasaan Buruk yang Bisa Turunkan Kekebalan Tubuh

Editor: Ferro Maulana

Hindari kebiasaan buruk agar terhindar dari segala penyakit (Foto: Dok Net)

PMJ - Daya tahan tubuh menjadi faktor penting untuk menjaga kesehatan. Tanpa kekebalan yang kuat, tubuh akan rentan terserang penyakit. Biasanya untuk meningkatkan sistem imunitas ini kebayakan orang menempuh program diet sehat dan berolahraga.

Sayangnya, makan sehat dan olahraga saja ternyata tidak cukup. Ada banyak faktor yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Kebiasaan-kebiasaan tertentu juga dapat menurunkan kekebalan tubuh.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (7/3/2020), berikut kebiasaan buruk yang bisa menurunkan kekebalan tubuh yang berpotensi membuat mendatangkan penyakit.

1. Stres

Banyak penelitian menunjukkan bahwa stres dapat memiliki efek negatif pada sistem kekebalan tubuh. Stres dapat memperlambat penyembuhan luka, peningkatan kemungkinan tertular flu, dan melemahnya tingkat antibodi untuk melawan penyakit menular.

Selain stres, perasaan kesepian juga dapat menurunkan kekebalan. Menurut Journal of Neuroimmunology pada Desember 2014, peningkatan kecemasan yang terkait dengan kesepian mengarah ke penekanan yang lebih besar pada sistem kekebalan tubuh.

2. Merokok

Merokok menghabiskan banyak vitamin dan mineral dalam tubuh. Tubuh menggunakan simpanan vitamin dan mineral dan tidak dapat mengikuti beban yang ditimbulkan rokok. Ini akan menyebabkan tubuh lebih sering sakit dan mungkin mengembangkan kanker.

Nikotin meningkatkan kadar kortisol, sekaligus mengurangi pembentukan antibodi sel B dan respons sel T terhadap antigen. Asap rokok dapat merusak paru-paru dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi.

3. Olahraga berelebihan

Olahraga memang menyehatkan, namun melakukannya secara berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan. Terlalu banyak olahraga berat, yang disebut sindrom overtraining, dapat melemahkan tubuh dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi.

Sindrom Overtraining adalah kondisi umum diantara atlet dan penggemar kebugaran, yang dapat memanifestasikan dirinya melalui berbagai gejala, baik fisik dan psikologis.

4. Konsumsi makanan instan dan olahan

Kualitas makanan sangat penting dan sering diabaikan sebagai penyebab penurunan kekebalan tubuh. Makanan yang tidak sehat tampaknya membuat pertahanan tubuh lebih agresif dalam jangka panjang.

Konsumsi makanan yang telah melalu banyak pemrosesan, dapat menurunkan kekebalan tubuh. Konsumsi makanan ini dalam jangka panjang akan menaikkan risiko pengembangan arteriosklerosis dan diabetes. Ditemukan bahwa sejumlah besar kalori dalam makanan olahan dan makanan cepat saji dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti meningkatnya peradangan, berkurangnya pengendalian infeksi, meningkatnya tingkat kanker, dan peningkatan risiko alergi.(Hdi)

BERITA TERKAIT