test

News

Rabu, 1 November 2023 13:35 WIB

Mulai Groudbreaking, Jokowi Targetkan Bandara IKN Bisa Dipakai Juni 2024

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kerja hari kedua di Provinsi Kalimantan Timur. Salah satunya melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Bandar Udara (Bandara) Ibu Kota Nusantara (IKN).

Bandara ini memiliki luas 347 hektare dengan runaway 3.000 x 45 meter, disertai dengan terminal seluas 7.350 meter persegi. Kepala Negara menargetkan bandara Ibu Kota Nusantara sudah bisa dipakai pada Juni 2024.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini groundbreaking bandara udara Ibu Kota Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai," ungkap Jokowi seperti dilihat dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (1/11/2023).

"Ditargetkan akan beroperasi penuh di bulan Desember 2024, tapi sudah bisa dipakai nanti di bulan Juni 2024," sambungnya.

Jokowi berharap dengan dibangunnya bandara ini akan membuat kawasan IKN makin terbuka konektivitasnya. Menurut dia, Bandara IKN ini sangat penting untuk menunjang mobilitas dan mendukung pelayanan pemerintah.

"Bandara IKN ini merupakan bandara khusus yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintah di IKN dan mendukung konektivitas di ibu kota nusantara," tukasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam rangkaian kunjungannya yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

BERITA TERKAIT