test

News

Selasa, 27 Oktober 2020 15:08 WIB

Jokowi Tinjau Food Estate Kentang dan Bawang di Sumatera Utara

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi melakukan peninjauan ke lumbung pangan atau food estate di Sumatera Utara (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah kini tengah mempersiapkan lumbung pangan atau food estate untuk komoditas kentang, bawang merah dan bawang putih di Sumatera Utara.

Menurut Jokowi, food estate dikembangkan di lahan seluas 30 ribu hektar yang tersebar di 4 kabupaten di Sumatera Utara. Daerah itu di antaranya Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah dan Pakpak Bharat.

"Insya Allah nanti dimulai, kita akan lihat hasilnya 2 bulan-2,5 bulan," ujar Jokowi saat meninjau Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan, seperti yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (27/10/2020).

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan, hasil lumbung pangan ini nantinya menjadi contoh untuk provinsi-provinsi lainnya. Ia berharap daerah lain juga dapat membangun food estate sebagai cadangan pangan nasional.

Sebelum di Sumatera Utara, pemerintah juga telah membangun food estate di Kalimantan Tengah. Bedanya, lumbung pangan di Kalimantan Tengah akan difokuskan untuk menanam padi dan singkong.

"Saya rasa kita ingin melihat model bisnisnya seperti apa yang sudah dilakukan di sini. Hitungannya sudah ada. Ini akan jadi contoh provinsi lain yang akan dikembangkan menjadi food estate," tukasnya.

Sebagai informasi, lumbung pangan merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi di suatu kawasan. Food estate dapat menjadi lahan produksi pangan nasional, cadangan pangan, dan distribusi pangan, sehingga bisa digunakan untuk mengantisipasi krisis.(Hdi)

BERITA TERKAIT