test

News

Kamis, 8 Oktober 2020 16:02 WIB

Tinjau Food Estate Kalteng, Jokowi Puji Penggunaan Teknologi Modern

Editor: Hadi Ismanto

Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Tengah untuk meninjau Food Estate. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ - Presiden Joko Widodo melaksanakan kunjungan kerja ke lumbung pangan atau food estate di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Ia berharap lumbung ini nantinya dapat menghasilkan berbagai komoditas seperti padi, buah-buahan, hingga ikan.

Setidaknya ada 30.000 hektare (ha) lahan yang akan digarap pada tahun 2020 ini. Lahan tersebut terbagi menjadi 10.000 ha di Kabupaten Pulang Pisau dan 20.000 ha di Kabupaten Kapuas.

"Kita harapkan hasilnya bukan hanya padi, tapi ada jeruk dan kelapa, plus bawang merah," ujar Jokowi di lumbung pangan Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (8/10/2020).

Ia menambahkan, irigasi lumbung pangan tersebut digunakan untuk budidaya ikan keramba. Tak hanya itu, ada pula itik di lumbung pangan tersebut.

Dalam kunjungan kedua kalinya ini, Jokowi memuji penggunaan teknologi tinggi dalam operasional pertanian. Ia mencontohkan untuk pemupukan dilakukan menggunakan drone.

Selain itu, pembajakan sawah pun dilakukan menggunakan traktor apung yang membuat kerja lebih cepat. Berdasarkan keterangan, Presiden mengatakan traktor itu dapat membajak lahan sawah seluas 2 ha hanya dalam waktu 1 hari.

"Ini sebuah kecepatan, karena yang kita kerjakan adalah sebuah hamparan yang sangat luas. Sehingga dibutuhkan mekanisasi, alat-alat modern hingga kecepatan itu betul-betul ada," tuturnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT