test

Politik

Selasa, 29 Oktober 2019 16:42 WIB

Pembangunan Hunian Korban Gempa Lambat, Jokowi Langsung Menghubungi Sofyan Djalil

Editor: Redaksi

Jokowi meninjau lokasi hunian tetap Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Sulteng. (foto: IG @sekretariat.kabinet)

PMJ – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana meninjau proyek penyediaan hunian tetap bagi korban gempa di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (29/10/2019). Usai meninjau, Jokowi mengakui perkembangan proyek tersebut agak terhambat oleh masalah pembebasan lahan.

Jokowi pun langsung menelepon Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil. "Ya ini setelah lebih dari setahun memang progresnya agak lambat karena masalah yang berkaitan dengan lahan, pembebasan lahan, terutama untuk relokasi hunian tetap,” kata Jokowi di lokasi proyek hunian tetap Duyu di Kecamatan Tatanga, Selasa (29/10/2019).

Lokasi hunian tetap Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Sulteng. (foto: IG @sekretariat.kabinet)

“Tapi, kalau yang bangun individu, ini sebagian sudah berjalan. Tapi, tadi saya pastikan dari Pak Gubernur, Bupati yang ada, saya telepon Menteri (Agraria dan Tata Ruang), alhamdulillah urusan lahan sudah rampung," sambungnya.

Setelah masalah lahan selesai, Jokowi menuturkan bahwa langkah selanjutnya adalah proses lelang. Setelah proyek hunian tetap Duyu ini selesai, proyek serupa di Kabupaten Sigi juga akan dilelangkan sebelum masuk ke tahapan konstruksi.

"Memang ini bukan pekerjaan kecil, ada 11 ribu hunian rumah yang harus kita siapkan, relokasi. Contoh di sini, ini baru yang sudah siap dikerjakan untuk 450 (rumah). Yang di Sigi 1.500 (rumah), tetapi yang dalam proses lelang 500 (rumah). Ini juga semuanya seperti itu," terangnya. (BHR)

BERITA TERKAIT