test

Kesehatan

Jumat, 6 Oktober 2023 10:04 WIB

Studi: Minum Teh Setiap Hari Bisa Kurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Editor: Hadi Ismanto

Menikmati secangkir teh bermanfaat bagi kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Kabar baik bagi pencinta teh. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa minum secangkir teh setiap hari dapat mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2 setidaknya 28 persen.

Selain itu, minum teh dipercaya dapat mengurangi risiko pradiabetes sebesar 15 persen. Minuman panas dikatakan dapat meningkatkan ekskresi glukosa urin, meningkatkan resistensi insulin dan, oleh karena itu, mengontrol gula darah.

Kelemahan dalam penelitian di Tiongkok ini adalah kebanyakan orang meminum 'teh hitam' yang lebih sehat, dibandingkan teh hitam bergula yang kebanyakan kita konsumsi. Namun, tim peneliti yakin manfaat serupa mungkin datang dari keduanya.

"Temuan kami mengisyaratkan efek perlindungan dari kebiasaan minum teh terhadap pengelolaan gula darah," ujar Profesor Tongzhi Wu dari Universitas Adelaide seperti dikutip dari laporan Mirror, Jumat (6/9/2023).

Dia menambahkan, manfaat besar teh bagi kesehatan termasuk penurunan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Hal ini sudah diungkap dalam sejumlah penelitian sebelumnya.

"Telah dilaporkan dalam beberapa penelitian selama beberapa tahun terakhir, namun mekanisme yang mendasari manfaat ini masih belum jelas," ujarnya.

"Temuan kami mengisyaratkan efek perlindungan dari kebiasaan minum teh terhadap pengelolaan gula darah melalui peningkatan ekskresi glukosa dalam urin, peningkatan resistensi insulin sehingga kontrol gula darah lebih baik. Manfaat ini paling terasa di antara peminum teh hitam setiap hari.”

Sebagai informasi, temuan ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes di Hamburg, Jerman.

BERITA TERKAIT