test

Kesehatan

Kamis, 1 Juni 2023 10:04 WIB

Ahli Ungkap Minum Dua Cangkir Teh Bisa Bantu Tingkatkan Daya Ingat

Editor: Hadi Ismanto

Menikmati secangkir teh bermanfaat bagi kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Penelitan mengungkap minum dua cangkir teh setiap hari bisa membantu melindungi ingatan seiring bertambahnya usia. Bahan kimia alami dalam teh yang disebut flavonoid dapat meningkatkan kekuatan otak dan membantu daya ingat.

Para ahli sampai pada temuan ini setelah mempelajari peran flavonoid yang juga ditemukan dalam apel dan buah beri dalam memengaruhi daya ingat lebih dari 3.500 orang berusia di atas 60 tahun yang sehat.

Satu kelompok meminum 500 mg sehari atau setara dengan dua cangkir teh, sementara kelompok lainnya meminum plasebo. Kemudian mereka diberi tugas mengingat kata untuk menguji ingatannya selama tiga tahun penelitian.

Skor akhir pada kelompok flavonoid rata-rata 10,5 persen lebih baik, meningkat menjadi 16 persen bagi mereka yang memulai dengan asupan terendah dalam diet mereka secara keseluruhan.

Prof Gunter Kuhnle dari University of Reading, Inggris mengatakan bahwa minum teh adalah cara termudah untuk meningkatkan asupan flavonoid. Ia menyebut dua cangkir sudah cukup untuk dikonsumsi setiap orang.

"Jika Anda minum teh, dan juga ingin minum susu, itu tidak masalah karena tidak memengaruhi penyerapan flavonoid," ujar Kuhnle, seperti dilansir dari laman The Sun, Sabtu (1/5/2023).

Sementara Dokter Scott Small dari Columbia University di Amerika Serikat mengatakan, kehilangan memori yang berkaitan dengan usia bervariasi pada setiap orang.

"Jika hal ini disebabkan oleh perbedaan konsumsi flavonoid, kita akan melihat peningkatan yang lebih dramatis pada orang yang menambah asupan flavonoid di usia 40-an dan 50-an," ungkap Scott Small.

Di sisi lain Prof Tara Spires-Jones dari University of Edinburgh menambahkan, penelitian lain telah menemukan bahwa flavonoid dapat membantu kinerja otak dengan meningkatkan pembentukan sinapsis, yaitu hubungan antarneuron.

BERITA TERKAIT