test

Kesehatan

Sabtu, 23 September 2023 22:01 WIB

Dahsyat, Ini Lima Manfaat Paparan Sinar Matahari Pagi Bagi Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Sejumlah riset menyebut paparan sinar matahari sangat penting untuk kesehatan pikiran dan tubuh. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Sejumlah riset menyebut paparan sinar matahari sangat penting untuk kesehatan pikiran dan tubuh. Karenanya, selama musim panas atau kemarau, orang akan lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah.

Seperti dilansir dari laman The Indian Times, Sabtu (23/9/2023), seorang konsultan senior penyakit dalam di Rumah Sakit Nanavati Max Super Speciality, Mumbai bernama Rahul Tambe menyebut waktu terbaik untuk berjemur biasanya di pagi hari sebelum jam 10.

Berikut manfaat sinar matahari pagi hari bagi tubuh:

1. Bantu Pola Tidur Lebih Baik
Paparan sinar matahari pagi dapat membantu mengatur pola tidur dan meningkatkan kualitas tidur. Dengan membentuk sinyal bangun alami, tubuhmu akan menjadi lebih sinkron dengan jam internalnya, sehingga menghasilkan tidur yang lebih nyenyak di malam hari.

2. Tingkatkan Mood dan Energi
Cahaya alami adalah penambah suasana hati yang ampuh. Paparan sinar matahari pagi memicu pelepasan hormon endorfin yang merupakan pengangkat suasana hati alami. Ini dapat membantu kamu memulai hari dengan sikap positif dan dorongan energi.

3. Regulasi Melatonin
Paparan sinar matahari pagi membantu mengatur produksi melatonin, hormon yang bertanggung jawab atas rasa kantuk. Paparan cahaya alami ini menekan produksi melatonin, memberi sinyal pada tubuhmu bahwa sudah waktunya untuk bangun dan waspada.

4. Tingkatkan Produksi Vitamin D
Kekurangan vitamin D sangat berkorelasi dengan kualitas tidur yang buruk dan gangguan tidur. Untungnya, vitamin D diproduksi saat kamu terkena sinar matahari langsung pada kulitmu.

Jadi, menangkap sinar tersebut (dengan aman) tidak hanya meningkatkan mood tetapi juga membuat kamu siap untuk tidur lebih nyenyak.

5. Bantu Tingkatan Produktivitas
Paparan cahaya alami, terutama di pagi hari terbukti meningkatkan fokus, konsentrasi, dan produktivitas secara keseluruhan. Hal ini bisa sangat bermanfaat jika kamu memiliki tugas atau tanggung jawab yang memerlukan kejernihan mental di awal hari.

Menambahkan asupan matahari pagi ke dalam rutinitasmu tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik tetapi juga berdampak positif pada kesejahteraan mental dan emosional.

Baik itu berjalan-jalan santai, berolahraga di luar ruangan, atau sekadar menghabiskan waktu di teras rumah, memanfaatkan sinar matahari pagi dapat menentukan hari yang produktif dan penuh semangat.

BERITA TERKAIT