test

News

Jumat, 15 September 2023 15:41 WIB

Dibuka 17 September, Ini Syarat Baru Bagi Pelamar CPNS

Editor: Ferro Maulana

PNS (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS -  Pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) menghadirkan portal pendaftaran melalui Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) dengan fitur tambahan berupa ASN Karier.

Hal tersebut bertujuan membantu calon pelamar mendapat keterangan berkenaan rincian jabatan yang dibuka pada seleksi formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023.

“Portal pendaftaran yang rencananya akan dibuka pada 17 September 2023 mendatang,” terang Suharmen dalam siaran pers BKN secara virtual, Jumat (15/9/2023).

“Seluruh calon pelamar diwajibkan membuat akun baru di portal. Baik bagi pelamar yang baru pertama kali melakukan pendaftaran maupun bagi pelamar yang sudah pernah mengikuti seleksi sebelumnya," sambungnya.  

Dari aspek kesiapan dukungan infrastruktur, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menyebut sejumlah kerja sama yang sudah dilakukan bersama dengan beberapa instansi pemerintah.

Hal itu mengingat sistem rekrutmen CPNS pada tahun ini juga sudah banyak mengandalkan sistem online.

Kemudian terkait dengan sejumlah formasi jabatan yang akan dibuka pada seleksi tahun ini seperti tenaga kesehatan dan Guru, BKN sudah mengintegrasikan portal SSCASN dengan data Dapodik dari Kemendikbud dan SISDMK dari Kemenkes.

Adapun untuk mendukung kelancaran pembuatan akun SSCASN, BKN juga melakukan integrasi dengan Dukcapil dari Kemendagri selaku instansi yang bertanggung jawab penuh atas data kependudukan.

BERITA TERKAIT