test

Kesehatan

Minggu, 3 September 2023 13:39 WIB

Dahsyat, Ini Lima Manfaat Konsumsi Sashimi Salmon Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Ikan salmon adalah ikan paling bergizi untuk dikonsumsi karena kaya akan vitamin, mineral, dan omega-3. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Salmon merupakan salah satu pilihan jenis ikan sering dikonsumsi. Selain tekstur daging lembut dan rasa yang lezat, makan ikan salmon dipercaya bermanfaat bagi kesehatan.

Ikan Salmon banyak disajikan mentah atau yang dikenal dengan sebutan sashimi ala makanan Jepang. Salmon sashimi menawarkan kelezatan yang unik dan segar.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Minggu (3/9/2023), berikut manfaat ikan salmon mentah atau sashimi untuk kesehatan di antaranya:

1. Tingkatkan Kesehatan Jantung
Mengkonsumsi lemak ikan atau minyak ikan telah terbukti mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Tidak terkecuali dengan minyak ikan salmon.

Di dalam ikan salmon terdapat kandungan minyak yang menyehatkan jantung dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ikan salmon juga membantu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh.

2. Tingkatkan Kinerja Otak
Salmon mentah mengandung DHA tinggi yang merupakan asam lemak utama dalam sistem saraf pusat. DHA membantu perkembangan otak dan fungsi otak, yang tidak hanya dibutuhkan oleh bayi saja tetap juga orang dewasa.

Mengkonsumsi ikan salmon sangat baik untuk meningkatkan kinerja otak dan menjaga kesehatan otak.

3. Mengurangi Resiko Depresi dan Kecemasan
Salah satu kandungan utama dalam ikan salmon adalah asam lemak Omega 3. Menurut penelitian, Omega 3 dapat mencegah depresi dan kecemasan.

Ketika otak menerima nutrisi yang cukup, maka tubuh akan bisa melawan berbagai macam zat atau stimulus yang memicu depresi dan kecemasan.

4. Mengurangi Resiko Kanker
Bukan rahasia lagi, ikan salmon sangat kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Di antaranya adalah staxanthin, kolin, niacin, vitamin B6, vitamin D, selenium, CoQ10, dan asam lemak tak jenuh ganda omega-3.

Semua kandungan tersebut dapat menurunkan risiko kanker prostat dan kanker payudara.

5. Bantu Turunkan Berat Badan
Salmon memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, sehingga dapat menahan rasa lapar berlebihan. Protein yang ada pada salmon mentah adalah protein berkualitas tinggi yang bisa digunakan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan yang rusak.

Salmon mentah menjadi pilihan tepat untuk Anda yang sedang berdiet dan membangun massa otot.

BERITA TERKAIT