test

News

Minggu, 20 Agustus 2023 14:18 WIB

Kunker ke Benua Afrika, Presiden Jokowi Dijadwalkan Kunjungi Empat Negara

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Afrika untuk melaksanakan kunjungan kerja ke empat negara di kawasan tersebut. Kunker ini menjadi lawatan pertama Jokowi sebagai presiden.

Jokowi bersama rombongan terbatas lepas landas dari Bandar Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2023).

"Kami akan berkunjung ke empat negara yaitu ke Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan. Ini merupakan kunjungan pertama saya sebagai presiden ke kawasan Afrika," ungkap Jokowi dalam keterangan persnya sebelum keberangkatan.

Jokowi menjelaskan, Indonesia dan Afrika memiliki hubungan historis yang panjang karena Indonesia adalah penggagas dan tuan rumah Konferensi Asia-Afrika (KAA) di tahun 1955. Selain itu, Indonesia juga berperan penting dalam melahirkan Gerakan Nonblok.

"Spirit Bandung inilah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke Afrika dengan memperkokoh solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara the Global South," tuturnya.

Terkait negara yang akan dikunjungi, Presiden menyampaikan bahwa Kenya dan Tanzania telah menunjukkan komitmennya untuk terus memperkuat kerja sama dengan Indonesia.

“Kenya dan Tanzania telah membuka kedutaan besarnya di Jakarta tahun yang lalu. Ini merupakan komitmen kedua negara tersebut untuk terus memperkuat kerja sama dengan Indonesia,” ujarnya.

Adapun Mozambik, lanjut Jokowi, merupakan negara Afrika pertama yang memiliki preferential trade agreement (PTA) dengan Indonesia. Sementara kunjungan ke Afrika Selatan untuk memenuhi undangan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS 2023.

"Tentunya, di sela-sela KTT BRICS akan dilakukan berbagai pertemuan bilateral dengan kepala-kepala negara yang lainnya,” imbuhnya.

Presiden dan rombongan dijadwalkan kembali tiba di Indonesia pada tanggal 25 Agustus mendatang. "Insyaallah saya dan rombongan akan tiba kembali di tanah air tanggal 25 Agustus," ucapnya.

Turut mendampingi Jokowi saat memberikan pernyataan di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, serta Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi.

BERITA TERKAIT