test

News

Minggu, 6 Agustus 2023 12:02 WIB

Kapolda Pastikan Personel Brimob Tak Pijak Tempat Ibadah Mesjid Raya Sumbar

Editor: Hadi Ismanto

Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Suharyono saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Viral video yang menampilkan anggota Brimob masuk ke Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar) tanpa melepaskan sepatu saat melakukan pengusiran paksa warga Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat.

Menanggapi hal tersebut, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono mengatakan kalau yang digunakan oleh masyarakat untuk tidur bukan area suci tempat shalat, melainkan aula. Kepastian itu juga dibenarkan pengurus masjid.

"Simpang siur terkait dengan nginjek-nginjek tempat ibadah sudah saya jelaskan bahwa itu adalah lantai dasar dan bukan tempat ibadah," ungkap Suharyono dikutip pada Minggu (6/8/2023).

Ditambahkan oleh Pengurus Harian Mesjid Raya Sumbar, Rizardi Maarif bahwa lokasi dibawah merupakan sebuah aula untuk pertemuan.

"Jadi kita menaruh mereka (masyarakat) tidur di lantai saja kan gak bagus juga, makanya kita kasih karpet. Jadi bukan tempat sholat, itu tempat pertemuan," tutur Rizardi.

Sebelumnya, Irjen Pol Suharyono menjelaskan bahwa hari ini Polda Sumbar telah mengamankan kepulangan masyarakat Pigogah Nagari Air Bangis yang sudah 6 hari melaksanakan unjuk rasa di Kota Padang.

"Kegiatan ini berlangsung dengan aman dan terkendali, semua masyarakat yang tidur dan menginap sementara di masjid raya sudah kita pulang kan dan di kawal oleh PJR, Brimob, Samapta dan kita pastikan aman sampai ke Pasaman Barat," terang Suharyono.

BERITA TERKAIT