test

Suara Pemilu

Jumat, 28 Juli 2023 15:43 WIB

Bawaslu Ingatkan Kepala Desa Tetap Netral di Pemilu 2024

Editor: Hadi Ismanto

Anggota Bawaslu Totok Hariyono saat menghadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia. (Foto: PMJ News/Dok Bawaslu)

PMJ NEWS - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI mengingatkan agar Kepala Desa tetap menjaga netralitas di Pemilu 2024, apalagi ikut serta dalam pelaksanaan kampanye.

Pernyataan tersebut disampaikan Anggota Bawaslu Totok Hariyono saat menghadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia di Jambi, Rabu (26/7/2023).

"Kepala Desa dilarang ikut sebagai pelaksana kampanye, harus netral sebagai kepala Desa," ujar Totok Hariyono dikutip dari laman resmi Bawaslu, Jumat (28/7/2023).

Totok juga meminta kepada Kepala Desa agar tidak memberikan keputusan yang merugikan atau menguntungkan terhadap salah satu peserta pemilu dalam masa kampanye.

"Kepala desa juga dilarang memberikan keputusan yang berpihak, yang merugikan atau menguntungkan salah satu peserta pemilu dalam masa kampanye," tuturnya.

Dalam akhir paparannya, Totok mengajak seluruh Kepala Desa untuk membantu pengawas pemilu dalam mensosialisasikan peraturan kampanye kepada masyakat.

"Kepala desa dan Pengawas pemilu harus saling mendukung dan melakukan sosialisasi, apa yang harus dan tidak harus dilakukan pada saat masa kampanye," tukasnya.

BERITA TERKAIT