test

News

Kamis, 27 Juli 2023 08:08 WIB

Software Rampung, LRT Jabodebek Siap Ujicoba Terbatas dengan Penumpang

Editor: Ferro Maulana

LRT Jabodebek. (Foto: Hadi Ismanto/ PMJ News).

PMJ NEWS -  Pihak Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) menegaskan pembaharuan software operasi LRT Jabodebek telah hampir rampung.

DJKA pun siap melakukan uji coba terbatas bersama penumpang. 

Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal menerangkan, saat ini proses pembaharuan software operasi LRT Jabodebek sudah memasuki tahap penyempurnaan sistem integrasi antara sarana dengan pintu Passenger Screen Door (PSD) yang terdapat pada peron stasiun.

“Tadi sudah dicoba juga untuk kereta melaju dan berhenti di peron. Alhamdulillah saat ini sudah lebih halus dan nyaman jika dibandingkan pada saat uji coba kemarin,” tutur Risal dalam siaran pers tertulisnya, Kamis (27/7/2023).  

Adapun pembaharuan software yang dilakukan LRT Jabodebek mencakup pemutakhiran sistem Automatic Train Supervison (ATS) dan Trainguard Mass Transit (TMGT). Sistem itu berperan dalam mengatur jarak, dan interval antar kereta saat dioperasikan dalam mode driveless.

Sementara itu, kedua sistem tersebut diperlukan pada pengoperasian kereta dengan tingkat otomasi (Grade of Automation/ GoA) level 3 untuk memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta.

BERITA TERKAIT