test

News

Rabu, 21 April 2021 20:05 WIB

Diprediksi Selesai September 2021, LRT Bakal Dioperasikan Pertengahan 2022

Editor: Hadi Ismanto

Pembangunan LRT Jabodebek terus dikejar.(Foto: PMJ News/Instagram @lrt_jabodebek).

PMJ NEWS - Pembangunan lintas rel terpadu (LRT) Jabodebek ditargetkan selesai Agustus atau September 2021. Kendati begitu, operasional LRT Jabodebek diperkirakan belum bisa dilakukan pada tahun ini.

"Insya Allah pertengahan 2022, LRT Jabodebek bisa mulai beroperasi," ujar Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Entus Asnawi Mukhson dalam sebuah webinar, Rabu (22/4/2021).

Menutut Entus, pengoperasian LRT Jabodebek yang baru bisa dilakukan tahun depan karena setelah selesai dibangun harus melalui serangkaian pengujian. Salah satu pengujian di antaranya sistem signaling.

"Karena teknologi yang digunakan LRT Jabodebek ini driverless, pengujiannya agak panjang. Sebagian ada enam bulan dan sebagian lagi sembilan bulan," tuturnya.

Sebagai informasi, saat ini pembangunan LRT Jabodebek secara keseluruhan sudah mencapai 83,5 persen. Progres pengerjaan lintas 1 LRT Jabodebek, yakni Cawang-Cibubur, sudah 93,7 persen. Selanjutnya untuk lintasan 2, yakni Cawang-Kuningan-Dukuh Atas mencapai 82,7 persen.

Kemudian untuk lintasan 3, yakni Cawang-Bekasi Timur saat ini proses pembangunannya sudah mencapai 90,3 persen. Sedangkan pembangunan depo LRT Jabodebek di Bekasi Timur, pembebasan lahannya sudah 100 persen dan pembangunannya mencapai 38,8 persen.

BERITA TERKAIT