test

News

Jumat, 19 Juni 2020 17:55 WIB

Basmi Virus, LRT Manfaatkan Sinar UV Sterilkan Gerbong

Editor: Hadi Ismanto

LRT Jakarta gunakan metode sinar UV untuk sterilkan gerbong (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - PT LRT Jakarta membuat inovasi baru dengan menggunakan penyinaran sinar Ultra-Violet (UV) sebagai media sterilisasi di dalam trainset. Penggunaan ini dimaksudkan untuk membunuh virus dan sumber penyakit lainnya.

GM Corporate Secretary LRT Jakarta, Bintang Kemal menyebut alasan penggunaan metode UV adalah dari segi efisiensi harga apabila dibandingkan dengan metode penyemprotan yang memerlukan cairan desinfektan, APD sekali pakai dan juga jasa dari pihak luar.

Untuk itu, lanjut Bintang, kemudahan penggunaan dan biaya yang kompentitif serta juga teknik yang lebih modern menjadi alasan pertimbangan utama dari adopsi metode ini.

"Penggunaan sinar UV sebagai upaya sterilisasi pada alat transportasi umum ini dilakukan setiap harinya pada setiap malam setelah kereta tiba di depot untuk pengecekan dan perawatan harian," ungkap Bintang dalam keterangannya, Jumat (19/6/2020).

Prosedur ini akan dimulai dengan kembalinya kereta ke depot yang akan dilanjutkan dengan pembersihan bagian luar badan kereta melewati ATWP (Automatic Train Washing Plant).

Selanjutnya, dua orang teknisi yang akan menempatkan lampu di masing-masing trainset dan mengaktifkan lampu tersebut dengan remote control dari luar setelah ruangan kereta steril dari personel untuk 15 menit ke depan.

Setelah proses selesai, teknisi dengan Alat Pelindung Diri (APD) akan memberikan jeda waktu 40 menit sebelum mereka memasuki trainset dan mengambil alat guna memaksimalkan efek sterilisasi sinar UV.

"Inovasi kebersihan seperti penggunaan sinar UV ini sangat diperlukan dalam menghadapi dan mengontrol penyebaran Virus COVID-19 sebagai bentuk dari komitmen LRT Jakarta dalam menjaga kesehatan penumpang dan karyawannya," jelasnya.

BERITA TERKAIT