test

Politik

Kamis, 2 April 2020 15:58 WIB

Empat Hal Penting Hasil Pertemuan Gugus Tugas Covid-19 dengan MPR

Editor: Ferro Maulana

PMJ - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo menjelaskan empat poin hasil pembicaraan antara Gugus Tugas Covid-19 bersama MPR RI.

Doni menjelaskan bahwa hal pertama yaitu terkait pentingnya peningkatan disiplin mulai dari disiplin individu maupun disiplin kolektif.

Yang mana komunitas atau antar masyarakat harus saling mengingatkan agar terhindar dari ancaman penyebaran virus corona (covid-19).

Yang kedua yakni menyangkut tentang keterampilan dan juga skill dari petugas di lapangan.

"Seperti, petugas medis termasuk juga para pejabat yang ada di daerah," tutur Doni dalam keterangan persnya melalui teleconference di BNPB, Jakarta, Kamis (02/04/2020).

Lanjut Doni, sekarang Kepala Desa mempunyai peran yang sangat besar dalam memimpin upaya pencegahan, agar warganya terhindar dari wabah virus Corona tersebut.

"Kemudian yang ketiga menyangkut masalah kebersamaan, gotong royong. Ini adalah suatu kekuatan bagi bangsa kita," paparnya.

"Sehingga ketika kita menyampaikan narasi tentang pentingnya gotong-royong, satu sama lainnya saling memberikan bantuan, maka ini adalah merupakan implementasi dari Pancasila," tutur Doni.

Sementara, poin keempat dalam pertemuan Gugus Tugas Covid-19 bersama jajaran MPR RI yaitu membahas pentingnya semua elemen bangsa untuk melepas ego sektoral guna mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia.

"Marilah kita semua bersatu-padu mengikuti keputusan politik negara, agar kita semuanya bisa menjadi sebuah kekuatan," ujar mantan Danjen Kopassus ini.

"Karena kekuatan ini menjadi pendorong untuk meningkatkan moril bangsa sehingga imunitas dari bangsa kita bagus dan dengan imunitas tubuh yang tinggi kita bisa mengurangi risiko yang terjadi," tandasnya. (FER).

BERITA TERKAIT