test

Regional

Senin, 10 Juli 2023 12:44 WIB

Gunung Api Karangetang di Sulut Keluarkan Awan Panas Guguran Hari Ini

Editor: Ferro Maulana

Erupsi Gunung Karangetang. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Sugeng Mujiyanto menerangkan, Gunung Api Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara saat ini sudah mengeluarkan awan panas guguran, hari ini Senin (10/7/2023).

Menurtnya, Gunung Api Karangetang di Kepulauan Sitaro mengeluarkan awan panas guguran dengan jarak luncur guguran sejauh 2 kilometer.

"Awan panas guguran di Gunung Karangetang Sulawesi. Jarak luncur mencapai 2 km ke arah kali Kahetang atau sektor tenggara," terang Sugeng dalam siaran persnya, Senin 10 Juli 2023.

Masih dari keterangannya, situasi saat ini masih belum stabil. Sehingga, warga diminta untuk lebih waspada lantaran kemungkinan adanya guguran lava dan awan panas yang bisa terjadi.

"Mewaspadai guguran lava dan awan panas guguran yang dapat terjadi sewaktu-waktu dari penumpukan material lava sebelumnya karena kondisinya belum stabil dan mudah runtuh,” ujar Sugeng.

”Terutama ke sektor selatan, tenggara, barat, dan barat daya," tandasnya.  

Di kesempatan yang sama, pihaknya juga mengimbau masyarakat segera menjauhi radius sampai 3,5 kilometer dari puncak kawah gunung tersebut.  

BERITA TERKAIT