test

News

Minggu, 11 Juni 2023 12:02 WIB

Dirlantas Polda Metro: Tilang Manual Bentuk Edukasi Kepada Masyarakat

Editor: Hadi Ismanto

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman. (Foto: PMJ News/ Fjr)

PMJ NEWS - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman memastikan pelaksanaan tilang manual bukan bertujuan untuk menilang pengendara secara semena-mena. Menurut dia, penindakan ini sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat.

"Tujuan tilang manual yang sudah kita berlakukan kembali sekali lagi saya ingatkan, bukan untuk kita banyak-banyak menilang," ujar Kombes Latif Usman kepada wartawan di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (10/6/2023).

"Tapi (tilang manual) sebetulnya memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa seluruh ruas jalan ini sudah ada petugas, yang pasti apabila melihat pelanggaran pasti akan dilakukan penindakan," sambungnya.

Lebih lanjut Latif menjelaskan, penindakan setiap pelanggaran tidak hanya dengan melakukan penilangan. Dia menyebut mengingatkan kepada pelanggar juga sebagai bentuk penindakan.

"Penindakan ini tidak konotasinya harus dengan tilang, ada tahapannya, semua kegiatan kepolisian yang mengingatkan kepada pelanggar, itu adalah suatu tindakan," ujarnya.

Latif meminta kepada masyarakat untuk tidak takut dengan petugas yang melakukan tilang manual. Dia menilai tilang manual bukan untuk menyulitkan pengendara, melainkan untuk menjaga keselamatan.

"Ini perlu dipahami, sehingga masyarakat betul jangan takut ada polisi, justru polisi akan membantu rekan-rekan. Jadi kami melakukan tindakan itu bukan untuk menyulitkan para pengguna jalan, tapi untuk mengingatkan untuk menjaga keselamatan mereka," tukasnya.

BERITA TERKAIT