test

News

Selasa, 18 April 2023 10:04 WIB

Tak Hanya Bikin Kue, Ini Lima Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Meski sering dianggap sebagai tambahan untuk pembuatan kue, baking soda juga memiliki manfaat bagi kesehatan. (Foto: PMJ News/Fine Dining Lovers)

PMJ NEWS - Natrium bikarbonat atau lebih dikenal sebagai baking soda sering digunakan untuk pembuatan roti, kue, muffin, dan kue kering. Pasalnya, bahan yang satu ini memiliki sifat ragi sehingga bisa mengembangkan adonan.

Meski sering dianggap sebagai tambahan untuk pembuatan kue, baking soda juga memiliki manfaat lainnya. Seperti dilansir dari laman Web Md, Selasa (18/4/2023), berikut manfaat baking soda untuk kesehatan.

1. Meredakan Rasa Sakit
Natrium bikarbonat dapat meningkatkan kekuatan penghilang rasa sakit dari lidokain yang digunakan dalam obat tidur. Para peneliti sedang mempelajari apakah hal ini dapat membantu meringankan rasa sakit akibat kanker.

Jika Anda merasa sakit akibat sengatan matahari, rendam kain dalam larutan sekitar 4 sendok makan soda kue per liter air. Oleskan di area yang terkena untuk menenangkan kulit Anda. Ini juga dapat membantu untuk luka bakar ringan lainnya.

2. Membantu Melawan Kanker
Ruang gawat darurat dan rumah sakit menyediakan natrium bikarbonat sebagai pengobatan untuk serangan jantung, keracunan, dan kasus-kasus lainnya.

Hal ini juga membantu menangkal sifat asam dari obat kemoterapi untuk kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar asam yang lebih rendah dapat memperlambat pertumbuhan dan penyebaran tumor tertentu.

3. Meredakan Iritasi Ringan
Baking soda dapat meredakan iritasi ringan, nyeri, gatal, dan kemerahan. Campurkan dari 3 sendok soda kue dengansekitar 1 gelas air. Oleskan pada kulit Anda dan biarkan selama 20 menit sebelum Anda mencucinya.

Atau berendamlah di bak mandi dengan setengah cangkir soda kue yang ditambahkan ke dalam air.

4. Memperlambat Perkembangan Penyakit Ginjal Kronis
Orang dengan penyakit ginjal kronis perlahan kehilangan fungsi ginjalnya. Ginjal sangat penting karena membantu membuang kelebihan limbah dan air dari darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen natrium bikarbonat meningkatkan fungsi ginjal dan membantu memperlambat perkembangan penyakit ginjal kronis.

Namun, sebaiknya bicarakan dengan dokter sebelum mengonsumsi bahan ini jika kamu memiliki masalah ginjal.

5. Meredakan Sariawan
Berkumur dengan baking soda disinyalir bisa meredakan rasa sakit akibat sariawan. Campurkan satu sendok teh baking soda dengan satu gelas air. Kemudian kumur dengan larutan air tersebut sehari sekali sampai sariawan sembuh.

BERITA TERKAIT