test

Kesehatan

Sabtu, 8 Februari 2020 11:03 WIB

Wortel Bisa Cegah Resiko Kanker, Ini Buktinya

Editor: Ferro Maulana

Wortel bisa mencegah penyakit kanker (Foto: Dok Net)

PMJ - Kebanyakan orang menilai wortel atau dalam bahasa latin disebut Daucus Carota bermanfaat untuk kesehatan mata. Tapi Siapa sangka jenis sayuran berwarna orange ini bisa mencegah penyakit kanker.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/2/2020), wortel yang mudah didapatkan dan tidak terlalu mahal ini bisa menjadi alternatif untuk dikonsumsi. Berikut manfaat yang diperoleh jika mengkonsumsi sayuran ini, simak penjelasannya.

1. Kanker rahim

Menurut American Cancer Society, kanker rahim menempati peringkat kelima penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian pada wanita. Padahal, dengan menyantap empat batang wortel dalam seminggu, risiko penyakit ini bisa jauh berkurang.

Wortel mengandung zat yang melindungi mulut rahim seperti betakaroten, zat yang sama kuatnya melindungi penglihatan. Selain memiliki zat aktif pelawan kanker, betakaroten inilah yang juga menyebabkan warna oranye pada wortel.

Agar khasiatnya semakin mantap, kamu juga bisa mengombinasikan wortel dengan tomat yang kaya dengan likopen. Zat anti kanker yang memberi warna merah pada tomat ini bisa mereduksi risiko kanker hingga 40 persen.

2. Kanker paru

Wortel juga dipercaya bisa menyembuhkan kanker paru-paru. Hal ini yang dialami oleh seorang wanita yang bernama Ann Cameron terbebas dari kanker paru-paru setelah mengonsumsi jus wortel.

Setiap harinya Ia meminum 2 kg lebih jus wortel. Tanpa perawatan dan pengobatan apapun, ia hanya meminum jus wortel setiap hari. Ann juga masih bebas memakan makanan apapun.

Usahanya pun akhirnya membuahkan hasil. Setelah enam bulan mengonsumsi wortel, tidak terlihat adanya perkembangan sel kanker pada paru-parunya. Bahkan enam bulan berikutnya, sel kanker dalam tubuh Ann menghilang. Hal ini terjadi karena di dalam wortel terdapat bahan efektif yang disebut falcarinol. Bahan ini telah terbukti efektif melawan kanker.

BERITA TERKAIT