test

Kesehatan

Jumat, 7 April 2023 10:04 WIB

Banyak Dicari Saat Ramadhan, Ini Lima Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Timun suri kaya nutrisi yang bagus buat kesehatan.. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Selama bulan suci Ramdhan, timun suri menjadi salah satu yang menjadi buruan. Timun suri biasanya diolah menjadi minuman yang menyegarkan buat berbuka puasa.

Tapi taukah kamu, timun suri tidak hanya enak dan menyegarkan. Tapi salah satu anggota keluarga labu-labuan ini juga kaya nutrisi yang bagus buat kesehatan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/4/2023), berikut sejumlah manfaat mengonsumsi timun suri di antaranya:

1. Menurunkan Risiko Anemia
Anemia merupakan kondisi di mana tubuh merasa cepat lelah, pusing dan sakit kepala. Hal itu disebabkan karena asupan darah di tubuh sangat berkurang.

Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa mengonsumi timun suri yang mengandung zat besi yang mampu memproduksi hemoglobin untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

2. Mengatasi Sembelit
Selama puasa, masalah sembelit pasti dialami oleh banyak orang sebab mereka kekurangan asupan serat. Di dalam timun suri mengandung serat dan air yang dapat mengatasi masalah pencernaan.

3. Menghidrasi Tubuh
Timun suri juga mengandung banyak kadar air yang bagus untuk tubuh. Salah satu manfaatnya adalah dapat menghidrasi tubuh dan mengembalikan cairan tubuh Anda yang hilang selama berpuasa.

4. Menyehatkan Tulang
Timun suri kaya akan vitamin dan mineral yang bagus untuk menyehatkan tulang. Di dalam timun suri terkandung kalsium, fosfor, dan zat besi.

5. Meredakan Panas Dalam
Masalah panas dalam juga sering terjadi selama Anda berpuasa yang menyebabkan bibir pecah-pecah. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mengonsumsi timun suri.

Timun suri tinggi kandungan air, yang bisa menjadi pelarut bagi mineral, vitamin B dan C, asam amino, serta glukosa dan molekul-molekul kecil lainnya sehingga dapat keluar masuk sel dengan baik.

BERITA TERKAIT