test

News

Rabu, 29 Maret 2023 17:03 WIB

Jokowi: Indonesia Terlambat Bangun Transportasi Publik, Semua Kota Macet

Editor: Hadi Ismanto

Presiden jokowi saat memberikan usai meresmikan Pengoperasian Jalur Kereta Api Lintas Makassar-Parepare. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Indonesia terlambat dalam membangun transportasi publik. Akibatnya, saat ini semua kota mengalami kemacetan karena masyarakat menggunakan kendaraan pribadi.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi saat meresmikan Pengoperasian Jalur Kereta Api Lintas Makassar-Parepare Antar Maros-Barru dan Depo KA Maros di Sulawesi Selatan, yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (29/3/2023).

"Akhirnya seperti yang sekarang kita lihat, karena keterlambatan membangun transportasi massal baik untuk penumpang maupun barang, semua berbondong-bondong menggunakan kendaraan pribadi. Akhirnya, macet di semua kota sekarang ini," ungkap Jokowi.

Jokowi mengatakan, semua pulau besar di Indonesia terlambat membangun transportasi publik. Padahal, transportasi publik sangat dibutuhkan untuk menghubungkan antarprovinsi, antarkota, dan kabupaten.

"Hampir di semua pulau besar kemudian di kota-kota utamanya ibu kota kita ini terlambat dalam membangun transportasi publik, transportasi massal, utamanya, terlambat," tuturnya.

Jokowi menilai kereta api menjadi transportasi publik yang sangat dasar untuk dibangun. Dia pun memerintahkan pembangunan kereta api di Sulawesi untuk meminimalisasi penggunaan kendaraan pribadi yang menjadi penyebab kemacetan.

"Pada saat saya perintah, sudah kita fokus dulu apakah di Kalimantan atau di Sulawesi, diputuskan di Sulawesi. Karena kalau tidak, semua orang nanti naik mobil pribadi. Tidak ada yang mau menggunakan transportasi massal," tukasnya.

BERITA TERKAIT