test

Kesehatan

Rabu, 15 Maret 2023 10:04 WIB

Catat, Ini Lima Makanan yang Bantu Perbaiki Kualitas Tidur

Editor: Hadi Ismanto

Wanita kurang tidur beresiko menderita gagal jantung dan stroke. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Kualitas tidur malam yang buruk dapat mempengaruhi kondisi badan saat bangun, salah satunya terasa kurang berenergi. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Dengan mengetahui berbagai penyebab tidur tak nyenyak, tentu dapat membantu Anda mengatasi dan bahkan melakukan pencegahan sebelumnya, seperti makanan yang dikonsumsi.

Seperti dikutip dari laman Express, Rabu (15/3/2023), para ahli di Bed Kingdom menyarankan makanan yang baik untuk mengatasi sulit tidur dan bisa membuat badan lebih sehat saat bangun. Berikut lima di antaranya:

1. Alpukat
Dikemas dengan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral, alpukat menawarkan lebih dari sekadar pilihan sarapan yang lezat. Buah berkulit hijau ini kaya akan potasium yang bermanfaat untuk mencegah kelelahan karena memberi energi pada tubuh.

Selain itu, alpukat cocok dinikmati dengan roti panggang untuk sarapan pagi guna meningkatkan energi di pagi hari. Alpukat juga bisa jadi pelengkap saat makan siang untuk mengisi bahan bakar.

2. Dark Chocolate
Dark chocolate bisa memuaskan keinginan akan sesuatu yang manis sekaligus membuat Anda lebih waspada. Menurut pakar di Bed Kingdom, cokelat hitam mengandung kakao dalam jumlah tinggi, yang berguna meningkatkan energi serta fokus seseorang.

3. Biji Chia
Mirip dengan cokelat hitam, biji chia mengandung magnesium tinggi yang dapat membantu melawan "kelelahan ekstrem" dan tingkat stres yang tinggi.

“Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara diblender menjadi smoothie, ditaburkan ke dalam yoghurt, atau bahkan dicampurkan ke dalam salad,” tambah para ahli.

4. Ubi Jalar
Pilihan makanan lain yang dikemas dengan magnesium dalam jumlah tinggi yaitu ubi jalar yang menawarkan vitamin C. Makanan ini membantu mengangkut lemak menjadi energi sehingga mampu melawan rasa kantuk dan membuat seseorang tetap aktif.

Selain itu, ubi jalar adalah karbohidrat sehat yang bisa menjadi pilihan bagus untuk makan siang jika Anda berencana menjalani hari yang panjang dan membutuhkan energi tahan lama.

5. Jeruk
Selain tinggi vitamin C, jeruk mengandung gula alami dalam jumlah sedang yang diubah menjadi glukos. Ini bisa menjadi sumber terbaik bahan bakar otak.

Jeruk mengandung cukup gula untuk memberi seseorang energi dengan cepat, tetapi tidak cukup untuk membuat terlalu kuat.

BERITA TERKAIT