test

Hukrim

Jumat, 27 Januari 2023 16:03 WIB

Beri Perintah Amankan CCTV, Agus Nurpatria Dituntut 3 Tahun Penjara

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Terdakwa Agus Nurpatria dituntut dengan pidana 3 tahun penjara terkait perkara perintangan penyidikan. (Foto: PMJ News/Tangkapan Layar Liputan6)

PMJ NEWS - Terdakwa Agus Nurpatria dituntut oleh jaksa penuntut umum (JPU) dengan pidana 3 tahun penjara terkait perkara perintangan penyidikan atau obstruction of justice dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Hal tersebut disampaikan JPU dalam persidangan terdakwa Agus Nurpatria dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan pada Jumat (27/1/2023).

“Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa Agus Nurpatria dengan pidana 3 tahun penjara dikurangi masa tahanan dan perintah agar tetap ditahan,” ujar Jaksa dalam persidangan di PN Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2023).

Agus dalam perkara tersebut didakwa memberi perintah kepada terdakwa Irfan Widyanto untuk mengamankan DVR CCTV di Pos Satpam Kompleks Polri Duren Tiga.

Dalam perkara tersebut, terdakwa Agus Nurpatria terlibat bersama lima terdakwa lainnya yakni Hendra Kurniawan, Baiquni Wibowo, Chuck Putranto, Arif Rachman Arifin, dan Irfan Widyanto.

Sedangkan satu terdakwa lain dalam perkara tersebut yakni Ferdy Sambo telah dituntut pidana seumur hidup bersama dengan dakwaan perkara pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

Dalam perkara perintangan penyidikan, para terdakwa didakwa melanggar Pasal 49 juncto Pasal 33 subsider Pasal 48 juncto Pasal 32 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP. Atau ancaman pidana dalam Pasal 233 KUHP subsider Pasal 221 ayat (1) ke-2 juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1

BERITA TERKAIT