test

Kesehatan

Senin, 23 Januari 2023 10:04 WIB

Studi: Pensiun Dini Percepat Penurunan Kognitif

Editor: Hadi Ismanto

Studi baru menemukan bahwa pensiun dini dapat memperburuk kesehatan, salah satunya penurunan kognitif. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Studi baru menemukan bahwa pensiun dini dapat memperburuk kesehatan. Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Economic Behavior & Organization menunjukkan pensiun dini dapat mempercepat penurunan kognitif pada masa dewasa akhir.

Penelitian dilakukan berdasarkan pada program pensiun formal yang diperkenalkan China di pedesaan negara itu pada 2009. Hal ini bertujuan untuk memerangi kemiskinan di usia tua. Ini disebut New Rural Pension Scheme (NRPS).

Seperti dilansir dari laman Fox News, Senin (23/1/2023), para peneliti mengamati para peserta program tersebut. Studi dan desain penelitian diarahkan untuk mendeteksi efek kausal sebenarnya dari pensiun pada gangguan kognitif.

Peneliti menemukan peningkatan isolasi sosial sangat terkait dengan penurunan kognitif yang lebih cepat di kalangan orang tua. Mereka juga menemukan indikator penurunan kognitif yang paling signifikan adalah daya ingat yang tertunda, yang diketahui dari penelitian sebelumnya sebagai prediktor penting demensia.

"Salah satu masalah terberat dalam penelitian ilmu ekonomi dan sosial adalah menentukan apakah hubungan antara dua variabel bersifat kausal atau kebetulan," jelas penulis utama Plamen Nikolov.

Studi ini juga menyoroti manfaat berinteraksi dengan orang lain seiring bertambahnya usia. "Ketika kita berinteraksi dengan orang, setidaknya ada dua komponen yang bermanfaat bagi Anda," ucapnya.

Menurutnya, keterhubungan sosial dapat menghasilkan umpan balik positif dari kesejahteraan sosial, emosional, dan fisik. Manfaat kedua dari jejaring sosial secara alami meningkatkan stimulasi mental dan intelektual.

BERITA TERKAIT