test

News

Kamis, 12 Januari 2023 12:03 WIB

Jokowi: Arus Modal Luar Jawa Lebih Besar, Terjadi Pemerataan Ekonomi

Editor: Ferro Maulana

Presiden Jokowi saat memberikan arahan. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS -  Presiden Joko Widodo mengungkapkan, saat ini arus modal yang datang ke luar Pulau Jawa lebih besar dibandingkan yang masuk ke Pulau Jawa.

Adapun angka tersebut saat ini menyentuh 53 persen.

"Di luar Jawa (arus modal) sudah berada di angka 53 persen. Di luar Jawa tahun 2022 sudah berada di angka 53 persen,” terang Jokowi, Rabu (11/1/2023).

“Itu artinya, di Jawa hanya 47 persen. Kalau ini terus membesar artinya pemerataan ekonomi itu akan terjadi tidak hanya di Jawa saja tetapi juga terjadi di luar Jawa," sambungnya.

Kepala Negara melanjutkan, Indonesia mempunyai kurang lebih 17.000 pulau, dan Pulau Jawa telah menyumbang produk domestik bruto (PDB) sebanyak 56 persen. 

"56 persen PDB ekonomi ada di Jawa, terus yang pulau yang lain yang 17.000 itu disisain berapa-berapa? Dapat kita bayangkan," tutur Jokowi.

Karena itu, Jokowi ingin adanya pemerataan ekonomi di seluruh pulau di Tanah Air.  Katanya, saat ini penduduk di Pulau Jawa sudah sangat padat.

"Penduduk juga sama, 56 persen penduduk Indonesia itu ada di Jawa, sudah sangat dan terlalu padat penduduk dan ekonomi yang berada di Pulau Jawa. Inilah yang terus ingin kita lakukan pemerataan ekonomi," jelasnya.

BERITA TERKAIT