test

News

Rabu, 4 Januari 2023 09:06 WIB

Kakorlantas Polri Imbau Masyarakat Tidak Naik Odong-odong di Jalan Raya

Editor: Hadi Ismanto

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi beri keterangan. (Foto: PMJ/NTMC Polri)

PMJ NEWS - Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi mengimbau agar masyarakat tidak naik odong-odong di jalan raya. Menurut dia, odong-odong termasuk kendaraan khusus yang dioperasikan di lingkungan tempat wisata.

"Jadi mobil odong-odong itu mobil wisata yang memang disediakan di daerah lingkungan wisata," ujar Firman kepada wartawam di gedung NTMC Polri, Jakarta, Selasa (3/1/2023).

"Ini imbauan kami ke masyarakat, jadi kalau ada odong-odong keluar jalan itu sebaiknya tidak usah naik," sambungnya.

Firman menjelaskan, kendaraan yang dioperasikan di jalan raya selayaknya sudah menjalani uji kelaikan. Dia menyebut kecelakaan biasanya juga disebabkan adanya pelanggaran di awal.

"Prinsipnya bahwa semua yang beroperasi di jalan adalah laik jalan, ada uji tipe, dan sebagainya. Kedua, seharusnya digunakan di dalam, jadi nggak boleh semua mobil dipakai bukan peruntukannya," tuturnya.

"Ini selalu kecelakaan dimulai dengan adanya pelanggaran, contoh-contoh pelanggaran inilah yang terus kita eliminasi, kita sering melakukan teguran, penilangan, tujuannya bukan menghukum, tapi mencegah kecelakaan lalu lintas," imbuhnya.

BERITA TERKAIT