test

Fokus

Minggu, 1 Januari 2023 16:35 WIB

Gegap Gempita Malam Tahun Baru Pasca PPKM Dicabut

Editor: Hadi Ismanto

Grafis Lipsus Gegap Gempita Malam Tahun Baru Pasca PPKM Dicabut. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Perayaan malam Tahun Baru 2023 begitu disambut gegap gempita masyarakat seiring dicabutnya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh Indonesia.

Di Jakarta, perayaan malam tahun baru digelar di sejumlah titik seperti ruas Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan Thamrin dan Monas. Sementara puncak perayaan diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Saya ucapkan selamat menonton menjelang pergantian tahun 2022 menuju 2023. Jaga kebersihan dan kita optimis menuju perubahan-perubahan," ujar Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di lokasi acara, Sabtu (31/12/2022) malam.

Dalam kesempatan yang sama, Heru Budi berpesan kepada segenap warga agar terus menjaga kebersihan hingga keamanan Jakarta.

"Jaga kebersihan, jaga kekompakkan, keamanan. Mari kita membangun Jakarta, tentunya untuk kita semua ini sukses Jakarta untuk Indonesia," tuturnya.

Warga Antusias Ramaikan Pergantian Tahun 2023

Perayaan malam Tahun Baru 2023 di Bundaran Hotel Indonesia. (Foto: PMJ News/Instagram)
Perayaan malam Tahun Baru 2023 di Bundaran Hotel Indonesia. (Foto: PMJ News/Instagram)

Perayaan tahun di Bundaran HI diwarnai dengan nyala petasan-flare menjelang pergantian tahun. Kembang api mulai dinyalakan pukul 23.30 WIB dan berlanjut hingga pukul 00.00 WIB.

Salah seorang warga bernama ibu Yanti menyebut sangat senang dengan adanya malam perayaan tahun baru tanpa pembatasan. Dia mengaku bisa leluasa merayakan pergantian tahun ini.

"Sangat senang, dua tahun ga bisa merasakan malam tahun baru," ujar Yanti di lokasi yang tengah menikmati malam tahun baru di sekitar Jalan Thamrin.

Usai menyaksikan pesta kembang api, sebagian pengunjung mulai membubarkan diri dari kawasan Bundaran HI. Namun, ada juga yang tetap bertahan di sana untuk menikmati hiburan musik dari panggung utama.

Sampah Perayaan Malam Tahun Baru Capai 20 Ton

Petugas kebersihan membesihkan sampah yang berserakan di jalanan. (Foto: PMJ News/Dok Net)
Petugas kebersihan membesihkan sampah yang berserakan di jalanan. (Foto: PMJ News/Dok Net)

Perayaan malam pergantian tahun di Jakarta berlangsung meriah. Namun, efek dari berkumpulnya massa menimbulkan tumpukan sampah di lokasi acara.

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Pusat menyebut tumpukan sampah di lokasi acara malam pergantian tahun baru 2023 mencapai 20 ton.

"Penanganan sampah pada perayaan tahun baru di wilayah Jakarta Pusat mencapai 20 ton volume sampah," jelas Plt Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, Edy Mulyanto dalam keterangannya, Minggu (1/1/2023).

Dalam pembersihan sampah, kata Edy, pihaknya juga menerjunkan mobil penyapu jalan. "Sebanyak 10 unit mobil sweeper juga dikerahkan ke titik keramaian massa untuk membersihkan jalan," ujarnya.

Kapolri Sebut Situasi Malam Tahun Baru di Indonesia Terkendali

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan arahan kepada jajarannya. (Foto: Dok PMJ News)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan arahan kepada jajarannya. (Foto: Dok PMJ News)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut kondisi keamanan di berbagai kota dan kabupaten saat malam pergantian tahun baru di Indonesia terkendali.

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolri Sigit saat memantau situasi di berbagai kota di Indonesia bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Sabtu (31/12/2022).

"Saya kira secara umum semuanya dalam kondisi terkendali baik dalam sisi keamanan, di tempat ibadah berjalan dengan baik, baik kondisi cuacanya, secara umum juga dalam kondisi baik," ujar Jenderal Listyo Sigit kepada wartawan.

"Secara umum dilaporkan, dari wilayah yang ada di wilayah Indonesia Barat, kemudian Indonesia Tengah, dan Indonesia Timur, secara umum baik (kondisinya)," imbuhnya.

Polda Metro Pastikan Perayaan Pergantian Tahun di Jakarta Aman

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan. (Foto: PMJ News/ Fjr)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan. (Foto: PMJ News/ Fjr)

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan menyebut pengamanan perayaan malam tahun baru 2023 di sejumlah lokasi berjalan dengan aman. Masyarakat pun dapat menikmati pergantian tahun dengan nyaman.

"Acara pergantian malam tahun baru di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin maupun acara yang dipuncakkan di TMII semuanya berlangsung dengan aman dan terkendali," ungkap Endra Zulpan dalam keterangannya, Minggu (1/1/2023)

Zulpan juga memastikan meskipun masyarakat tumpah ruah ke jalan, polisi memastikan semua berjalan tertib. Menurut dia, situasi kondusif berkat kerja sama dengan stakeholder lainnya.

"Secara umum situasi Ibu Kota dalam perayaan pergantian tahun semalam dalam keadaan aman terkendali, masyarakat banyak yang turun ke jalan memenuhi tempat stand-stand hiburan yang disiapkan pemda DKI maupun pihak swasta," tuturnya.

"Namun, semuanya berjalan dengan tertib dan penuh dengan penjagaan oleh Polri dibantu oleh TNI maupun Satpol PP serta unsur-unsur pemerintah lainnya," sambungnya.

Volume Kendaraan Puncak Bogor Turun

Polisi akan memberlakukan ganjil genap di jalur Puncak Bogor. (Foto: PMJ News/Dok Net)
Polisi akan memberlakukan ganjil genap di jalur Puncak Bogor. (Foto: PMJ News/Dok Net)

Situasi berbeda terjadi di jalur Puncak Bogor pada malam pergantian tahun. Biasanya kawasan ini menjadi primadona dan selalu dipadati pengunjung asal Jakarta dan sekitarnya.

"Pemantauan situasi arus lalu lintas di Puncak untuk perayaan tahun baru hari ini, jika dibandingkan dengan tahun lalu, terjadi penurunan jumlah kendaraan sekitar 20 persen," ujar Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin di Simpang Gadog.

Menurut dia, salah satu penyebabnya karena sosialisasi pengalihan arus menuju Puncak telah disampaikan sejak beberapa hari yang lalu. Selain itu, cuaca ekstrem yang terjadi di Puncak juga mempengaruhi minat wisatawan.

"Mungkin masyarakat memilih menikmati tahun baru di rumah masing-masing," ucapnya.

Arus lalu lintas di kawasan Puncak sendiri menurutnya terpantau lancar. Kendaraan bisa melaju dengan leluasa.

Pesan Jokowi Menyongsong Tahun Baru 2023

Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menyongsong harapan, tantangan, dan peluang baru di 2023.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi dalam pesan awal tahun 2023 melalui laman akun Instagram pribadinya, @jokowi pada Minggu (1/1/2023).

"Mari menyongsong harapan, tantangan, dan peluang yang baru. Tetap bersama melangkahi ambang tahun 2023 menuju Indonesia yang maju," ungkap Jokowi.

Dalam postingannya, Jokowi tampak sedang memegang buku dengan sampul Indonesia Maju dan sebuah pulpen. Ia tampak sedang ingin menuliskan sesuatu.

BERITA TERKAIT