test

News

Rabu, 21 Desember 2022 20:02 WIB

Wapres: OTT KPK Masih Diperlukan dengan Dibarengi Pendidikan dan Pencegahan

Editor: Hadi Ismanto

Wapres Ma'ruf Amin saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/BPMI Setwapres)

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebut Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih diperlukan. Namun, harus dibarengi juga dengan penerapan pencegahan dan pendidikan antikorupsi.

"Sebenarnya pemberantasan korupsi itu seperti sudah dirumuskan oleh KPK sendiri dilakukan secara komprehensif, dari pendidikan, pencegahan dan penindakan ini sangat berkorelasi," ungkap Wapres Ma'ruf Amin di Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Wapres mengatakan penindakan seperti operasi tangkap tangan tidak akan ada lagi apabila pencegahan dan pendidikan antikorupsi ini sudah berhasil diterapkan.

"Tapi kalau ini masih belum berhasil, pendidikan dan pencegahan akibatnya ada dalam penindakan. Jadi ini untuk bagaimana supaya bagaimana tidak lagi terjadi penindakan supaya lebih masif di pendidikan dan pencegahan," jelasnya.

Lebih lanjut Wapres menerangkan bahwa di berbagai negara, tiga metode pendidikan, pencegahan, dan penindakan juga digunakan untuk memberantas korupsi.

"Tapi secara menyeluruh memang yang dilakukan di dunia di mana pun termasuk KPK itu menggunakan pendekatan trisula ini, yaitu pendidikan, pencegahan, dan penindakan," tukasnya.

BERITA TERKAIT