test

News

Selasa, 22 November 2022 17:05 WIB

Bangunan Lapas Cianjur Roboh karena Gempa, Balita Tewas Tertimpa Reruntuhan

Editor: Ferro Maulana

Lapas Kelas IIB Cianjur roboh. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Dampak dari gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,6 pada Senin (21/11/2022) menyebabkan bangunan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Cianjur roboh.

Seorang bocah berusia empat tahun dilaporkan tewas tertimpa reruntuhan Lapas Cianjur tersebut.

"Korban jiwa satu anak berusia 4 tahun meninggal dunia dan neneknya dalam luka berat di RSUD Cianjur," terang Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jawa Barat Sujonggo dalam siaran pers tertulisnya, Selasa (22/11/2022).

Setelah gempa terjadi, Sujonggo bersama pihak lapas meninjau area sekitar lapas. Sementara itu, korban jiwa itu merupakan masyarakat sekitar lapas yang terdampak reruntuhan.

Gempa juga menyebabkan enam orang warga binaan menderita luka ringan dan dua petugas luka ringan. Satu di antaranya sudah dirujuk ke RS Sukabumi.

Sujonggo melanjutkan, situasi area perkantoran, brandgang, dan blok hunian mengalami kerusakan cukup parah.

Adapun rinciannya, tembok keliling brandgang pos 1 sampai pos 2 roboh dan tembok brandgang pos 3 sampai pos 4 roboh. Selanjutnya, tembok blok hunian A, B, C dan D retak-retak.

"Sebagian genteng area blok A, B, C dan D jatuh. Area perkantoran retak pada tembok dan sebagian genteng jatuh," tuturnya.

Atas musibah tersebut, Sujonggo mengatakan pihak lapas telah menerjunkan seluruh petugas untuk melaksanakan pengamanan area kantor dan blok hunian.

Lalu, seluruh penghuni lapas dievakuasi untuk berkumpul di tengah lapangan serta menempatkan petugas pada area dalam lapangan dan tembok luar.

BERITA TERKAIT