test

News

Selasa, 15 November 2022 10:04 WIB

5 Cara Tingkatkan Kekebalan Tubuh Saat Musim Hujan

Editor: Hadi Ismanto

Olahraga ringan seperti jalan kaki dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Banyak cara bisa dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, terutama di musim hujan. Salah satunya dengan meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.

Seperti dilansir dari laman Health Shots, Selasa (15/11/2022), berikut lima cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit saat musim hujan.

1. Tetap Terhidrasi
Tetap terhidrasi membantu meningkatkan kekebalan, menjaga kulit dan rambut Anda sehat dan juga menjaga tingkat energi Anda tetap tinggi.

Cobalah untuk minum setidaknya delapan gelas air per hari. Selain air putih, Anda juga bisa minum jus buah buatan sendiri, teh herbal atau kaldu.

2. Konsumsi Makanan Sehat
Jika Anda menginginkan sistem kekebalan tubuh yang sehat, maka sangat penting untuk mengonsomsi makan-makanan yang penuh vitamin dan mineral.

Anda perlu makan buah-buahan yang kaya vitamin A, C dan B seperti bit, labu, jeruk dan sebagainya. Selain itu jangan ketinggalan sayuran yang kaya zat besi seperti ubi jalar, brokoli dan sayuran berdaun hijau.

3. Cukupi dan Jaga Kualitas Tidur
Kurang tidur tidak hanya meningkatkan stres dan kurang konsentrasi, tetapi juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh secara negatif. Tidur setidaknya 6 sampai 8 jam sangat penting untuk memungkinkan tubuh Anda beristirahat dan menjaga tingkat kekebalan.

4. Kelola Stres
Kristanti juga menyarankan orang-orang mengelola stres. Menurut dia, terkendala karena hujan, banjir, dan kemacetan untuk berangkat beraktivitas seperti kerja, kuliah, atau sekolah seringkali membuat stres.

Oleh karena itu, manajemen stres yang baik sangat diperlukan agar tetap tenang menjalani kegiatan meski terkendala berbagai rintangan. Strategi fisik berupa relaksasi dapat diterapkan untuk menenangkan diri dari stres.

5. Berolahraga Secara Teratur
Olahraga adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kekebalan karena membantu tubuh Anda memproduksi hormon peningkat kekebalan.

Ketika tubuh Anda berkeringat saat berolahraga, cara itu membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Ini juga membantu tubuh Anda melawan kuman apapun.

BERITA TERKAIT