test

Kesehatan

Selasa, 4 Februari 2020 10:00 WIB

Catat, Tiga Jenis Makanan Ini Bisa Tangkal Virus Korona

Editor: Ferro Maulana

Puluhan ribu orang di seluruh dunia terjangkit virus corona. (Foto: PMJ News)

PMJ - Penyebaran virus korona (coronavirus/2019-nCoV) menjadi momok menakutkan saat ini. Menggunakan masker bagi kebanyakan orang merupakan salah satu solusi menangkal penularannya.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putratanto, berulang kali mengimbau masyarakat untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh, sebagai penangkal berbagai penyakit, termasuk virus korona.

Guna menjaga imunitas tubuh cara yang bisa dilakukan diantaranya istirahat cukup, berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Ada beberapa makanan sehat yang dapat dikonsumsi demi meningkatkan daya tahan tubuh.

Seperti dilansir laman Healthline, Selasa (4/2/2020), berikut sejumlah makanan yang bisa kamu konsumsi agar terhindar dari ancaman virus korona.

1. Jeruk atau citrus

Kebanyaan orang yang langsung mengonsumsi vitamin C saat mengalami gejala batuk, demam atau flu. Alasannya karena vitamin C dapat membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

Selain itu, vitamin C juga dipercaya dapat membantu tubuh meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat menangkal infeksi.

2. Brokoli

Meski tak semua orang menyukai sayuran ini, brokoli sejatinya mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Brokoli dikemas dengan vitamin A, C, dan E, serta kaya akan antioksidan dan serat lainnya.

Untuk mengolah brokoli caranya dengan merebus dalam waktu yang singkat. Disamping itu, jenis sayuran ini juga bisa disantap langsung untuk mempertahankan nutrisinya.

3. Bayam

Selain kaya akan vitamin C, bayam juga mengandung antioksidan dan beta karoten. Kandungan tersebut mampu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan virus penyakit dan infeksi. Mirip dengan brokoli, bayam paling sehat bila dimasak dalam kurun waktu yang singkat. Tujuannya agar dapat mempertahankan kandungan nutrisinya.(Hdi)

BERITA TERKAIT