test

News

Rabu, 9 November 2022 12:42 WIB

Investigasi dan Pencegahan, Sebaran Gagal Ginjal Anak Alami Penurunan

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Kasus gagal ginjal akut pada anak. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

PMJ NEWS -  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sempat menyebutkan bahwa sebaran kasus gagal ginjal akut yang sempat marak menyerang anak di Indonesia telah menurun.

Direktur Tindak Pidana  (Dirtipidter) Bareskrim Polri Brigjen Pol Pipit Rismanto mengatakan bahwa penurunan sebaran kasus tersebut sejalan dengan investigasi dan pencegahan yang dilakukan Polri bersama pihak lain, termasuk Kementerian Kesehatan dan BPOM.

“Betul, jadi kalau untuk penurunan yang kasus baru kan memang di samping ada upaya investigasi, tapi juga ada upaya pencegahan. Itu yang paling penting,” ujar Pipit saat dikonfirmasi, Rabu (8/11/2022).

“Itu lah menjadi ranah Kemenkes bersama dengan semua pihak, termasuk BPOM dan Polri itu bagaimana cara mencegahnya itu, mengurangi itu ya kan mitigasi apa yang menjadi penyebab,” tambahnya.

Ditambahkannya, salah satu bentuk pencegahan yang dilakukan bersama para pihak yakni menarik produk-produk yang diduga menggunakan bahan tambahan yang mengandung EG dan DEG, juga mendatangkan obat yang bisa membantu penyembuhan gagal ginjal.

“Menarik produk-produk yang diduga produksi dengan menggunakan bahan tambahan yang diidentifikasi mengandung EG dan DEG,” urai Pipit.

“Termasuk mendatangkan obat-obatan yang diduga bisa membantu,” tutupnya..

BERITA TERKAIT