test

Kesehatan

Minggu, 16 Oktober 2022 13:13 WIB

Ahli: Jalan Pagi Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah dan Cegah Stroke

Editor: Hadi Ismanto

Olahraga ringan seperti jalan kaki dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Hipertensi atau tekanan darah tinggi jika tidak diobati dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Seperti dilansir laman Express, Minggu (16/10/2022), Cameron Perry dari LIVI memberi tahu cara menurunkan tekanan darah tinggi yang mencakup olahraga.

Dia juga menyarankan untuk segera berhenti merokok karena menyebabkan arteri menyempit hingga meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Nasihat Perry ini mencerminkan cara-cara yang sudah ajeg dan terkenal untuk membantu menurunkan tekanan darah. National Health Service di Inggris telah menyarankan untuk melakukan perubahan sederhana dalam gaya hidup.

"Dokter dapat memberikan informasi tentang perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan dan mendiskusikan apakah ada manfaat dari meminum obat-obatan," tuturnya.

Perubahan gaya hidup yang diperlukan antara lain berolahraga dan beralih ke pola makan yang lebih seimbang dan sehat. NHS merekomendasikan setidaknya 150 menit olahraga dalam sepekan, dengan latihan sedang hingga intens misalnya jalan pagi.

BERITA TERKAIT