test

Kesehatan

Minggu, 6 Juni 2021 22:00 WIB

5 Makanan Sehat yang Bisa Cegah Serangan Jantung

Editor: Hadi Ismanto

Serangan jantung harus diwaspadai. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Rutin berolahraga secara teratur dipercaya dapat mencegah serangan jantung. Namun, sebaiknya hal tersebut dibarengi dengan mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk kesehatan jantung.

Dengan dua kombinasi tersebut, kondisi jantung akan tetap sehat dan mengurangi risiko serangan jantung. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (6/6/2021), berikut deretan makanan sehat untuk mencegah serangan jantung.

1. Telur
Telur merupakan makan yang mengandung protein tinggi. Selain itu, telur sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan jurnal Heart, makan telur setiap hari dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Hasil penelitian itu menyimpulkan bahwa makan kurang dari 1 butir telur per hari secara signifikan dikaitkan dengan risiko CVD yang lebih rendah.

2. Buah Beri
Buah beri tidak hanya menjadi makanan tambahan yang enak untuk dijadikan smoothies, tapi juga sangat baik untuk jantung Anda. Jika Anda harus memilih, pilihlah blueberry.

Menurut sebuah penelitian, asupan harian 1 cangkir (150 gram) blueberry dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah. Ini disebabkan buah beri kaya anthocyanin, antioksidan yang tinggi untuk membantu dalam pencegahan penyakit kardiovaskular.

3. Sayur Bayam
Jangan meremehkan kekuatan dan nutrisi yang terkandung dari sayuran bayam ini untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Tidak banyak orang tahu manfaat bayam dalam manjaga kesehatan jantung.

Sayuran bayam bukan hanya sumber vitamin K yang bagus, tetapi juga sarat dengan nitrat. Kedua nutrisi ini diketahui memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung dengan melindungi arteri dan mengurangi tekanan darah.

4. Ikan
Ikan Salmon, makarel, sarden, dan tuna mengandung tinggi asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Menurut sebuah studi, mengonsumsi salmon tiga kali semiggu selama 8 minggu dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah diastolik.

5. Cokelat Hitam
Cokelat hitam dikenal kaya akan antioksidan seperti flavonoid yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Mengonsumsi cokelat hitam setidaknya dua kali per minggu terbukti 32 persen risiko yang lebih rendah mengalami plak kalsifikasi di arteri jantung.

BERITA TERKAIT