test

Kesehatan

Selasa, 27 Juli 2021 10:20 WIB

5 Makanan Kaya Protein Ini Wajib Dikonsumsi Usai Sembuh dari Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Makanan mengandung protein baik dikonsumsi usai sembuh dari Covid-19. (Foto: Kolase PMJ News).

PMJ NEWS - Setelah dinyatakan sembuh dari infeksi virus Corona, sebagian orang mengalami penurunan kekebalan tubuh. Pasalnya, paparan Covid-19 menyebabkan stres berlebihan, memperlambat fungsi pencernaan, imunologi, dan reproduksi.

Gangguan fungsi kekebalan tubuh biasanya disebabkan kekurangan protein. Protein memainkan peran penting dan dapat menjadi pembeda yang kuat dalam reaksi.

Seperti dilansir dari Times of India, Selasa (27/7/2021), berikut beberapa makanan berprotein tinggi yang harus Anda konsumsi pasca dinyatakan sembuh dari Covid-19:

1. Kecambah
Pasien Covid-19 harus menyertakan kecambah hijau, alfalfa, buncis, dan bahkan rami atau chia. Pasalnya kecambah tinggi protein, folat, magnesium, fosfor, mangan, serta vitamin C dan K.

Deretan sumber makanan itu menawarkan jumlah asam amino penting yang lebih besar, membuatnya lebih mudah dicerna dan dengan cepat memenuhi kebutuhan protein Anda.

2. Daging Merah
Daging merah dari hewan yang diberi makan rumput organik dan dibesarkan tanpa menggunakan bahan kimia atau hormon mengandung asam amino yang tinggi dan berbagai elemen penyembuhan usus. Hal ini tentu baik untuk Anda usai terinfeksi Covid-19.

Daging merah tinggi dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lain yang dapat berdampak besar pada kesehatan Anda. Namun jangan terlalu banyak dalam mengonsumsinya.

3. Ikan
Selain protein, ikan merupakan sumber yang sangat baik dari asam lemak omega-3 berkualitas tinggi. Ikan juga tinggi akan vitamin D B2 (riboflavin), kalsium, fosfor, mineral seperti besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium yang mudah dicerna dan juga antiinflamasi.

4. Kacang-kacangan dan polong-polongan
Kacang-kacangan dan polong-polongan kaya akan protein, zat besi, zinc, vitamin, selenium, dan asam amino vital seperti Lysine yang membantu penyerapan kalsium. Ini sangat bermanfaat dalam pengembangan sistem kekebalan tubuh.

5. Telur
Telur kaya akan antioksidan yang dapat membantu Anda pulih dari kerusakan oksidatif usai terinfeksi Covid-19. Kandungan vitamin D yang tinggi dalam telur sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Telur membantu dalam pengaturan gula darah yang diperlukan untuk pemulihan fungsi adrenal dan keseimbangan hormon. Selain vitamin inti penting seperti selenium (22 persen), vitamin A, B, dan K, setiap telur memiliki sejumlah besar protein.

Telur juga termasuk riboflavin di mana dua butir telur setiap hari dapat secara signifikan membantu memerangi infeksi dan membangun kembali kesehatan tubuh secara keseluruhan.

BERITA TERKAIT