Kuliner

Senin, 12 April 2021 22:01 WIB

Tiga Menu Sehat Sahur Agar Kamu Kuat Berpuasa Seharian

Editor: Ferro Maulana

Menu sehat sahur di bulan puasa. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Menyiapkan menu sahur di bulan suci Ramadhan untuk anggota keluarga menjadi aktivitas menyenangkan. Apalagi menu sahur yang dibuat mempunyai nilai gizi serta nutrisi tinggi. Tentu akan membuat Anda kuat berpuasa seharian.

Selama bulan puasa, sahur merupakan bagian penting dari puasa. Sahur adalah cara yang sangat penting untuk menjaga tingkat energi Anda sepanjang hari.

Kamu ingin tahu menu sahur sehat apa saja yang bisa dibuat agar kuat berpuasa seharian?

Berikut daftar makanan sehat untuk sahur yang akan melepaskan energi secara perlahan ke seluruh tubuh kita. Sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Kurma

Kurma merupakan salah satu makanan yang identik dengan bulan Ramadhan atau puasa. Tak disangka, buah yang berwarna kecokelatan dan manis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, jadi tak heran jika umat Islam sangat dianjurkan mengonsumsi kurma selama bulan puasa.

Selama Ramadan, umat Islam disarankan menyediakan kurma di rumah karena kandungan vitamin, zat besi, kalsium, dan nutrisi lainnya sangat diperlukan tubuh. Sehingga, makanan ini diwajibkan untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Adapun khasiat kurma di antaranya, mengurangi rasa lapar, menjaga pencernaan, meningkatkan kemampuan otak, mengontrol gula darah, menangkal radikal bebas, dan sumber energi cadangan

Buah Alpukat 

Alpukat adalah buah yang sangat bergizi. Buah ini harus menjadi makanan utama saat sahur. Alpukat juga bisa menambahkan tekstur dan rasa yang kaya ke hidangan apa pun.

Alpukat sangat tinggi seratnya. Serat menjadi bagian tanaman yang tidak dapat dicerna yang dapat berkontribusi besar pada penurunan berat badan dan juga mengurangi lonjakan gula darah.

Manfaat lainnya yaitu membuat Anda kenyang lebih lama sehingga energi dilepaskan perlahan sepanjang hari. Ini membuatnya menjadi bahan yang sempurna untuk hidangan sahur apa pun. Cobalah alpukat tumbuk dengan roti gandum utuh dengan jagung dan tomat.

Telur

Telur menjadi pilihan favorit untuk sahur. Telur merupakan makanan paling bergizi dan sangat tinggi protein. Menu ini merupakan cara yang bagus untuk tetap kenyang lebih lama dan rasanya enak.

Cobalah telur orak-arik dengan bayam dan keju yang dibungkus dengan tortilla gandum untuk sahur.

BERITA TERKAIT