test

Kesehatan

Selasa, 5 Oktober 2021 10:20 WIB

Studi: Konsumsi Alpukat 12 Minggu Bisa Kurangi Lemak Perut

Editor: Hadi Ismanto

Konsumsi alpukat bisa mengecilkan perut buncit. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Sebuah studi terbaru menngungkap konsumsi satu buah alpukat sehari selama 12 minggu dapat membantu mengurangi lemak di perut. Riset ini diterbitkan oleh para peneliti di University of Illinois Urbana-Champaign.

Penelitian tersebut mengamati 105 orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas. Hasilnya ditemukan bahwa mereka yang diminta untuk makan alpukat setiap hari mengalami pengurangan lemak visceral atau lemak perut.

Seperti dilansir dari laman Fit and Well, Selasa (5/10/2021), lemak visceral atau lemak diperut adalah lemak yang berpotensi berbahaya karena bisa mengelilingi organ di perut.

Profesor Illionois Naiman Khan menjelaskan, lemak ini juga bisa memicu risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes dan masalah kesehatan lainnya.

"Konsumsi harian alpukat tidak mengubah toleransi glukosa. Adapun yang kami pelajari adalah bahwa pola diet yang menyertakan alpukat bisa memengaruhi cara individu khususnya wanita dalam menyimpan lemak tubuh ke tempat yang lebih bermanfaat untuk kesehatan,” kata Naiman Khan.

Dia menambahkan, lemak sehat dalam alpukat tidak bisa membantu menyeimbangkan simpanan lemak pada tubuh wanita secara menyeluruh. Tetap saja, Anda perlu mendapat asupan asam lemak omega-3 dan omega-6 dari sumber makanan lain.

"Minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak ikan bisa menjadi opsi sumber lemak yang baik," ujarnya.

BERITA TERKAIT