test

Kesehatan

Jumat, 15 Januari 2021 10:02 WIB

Waspada, 4 Gejala Fisik Ini Jadi Pertanda Kolesterol Tinggi

Editor: Hadi Ismanto

Kadar kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun, ada beberapa gejala fisik yang menunjukkan indikasi tingginya kolesterol dalam tubuh. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Mengontrol kadar kolesterol dalam darah harus menjadi perhatian semua orang. Sebab dengan memiliki kadar kolestrol yang normal akan menghindarkan dari risiko sakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

Kadar kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun, ada beberapa gejala fisik yang menunjukkan indikasi tingginya kolesterol dalam tubuh. Hal ini dimaksudkan agar Anda memperingatkannya untuk segera diatasi.

Seperti dilansir dari laman Express, Jumat (15/1/2021), berikut empat gejala fisik yang dirasakan ketika kadar kolesterol tinggi.

1. Sering kesemutan
Gangguan aliran darah ke bagian tubuh tertentu membuat tangan dan kaki terasa kesemutan. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah membuat aliran darah menjadi kental dan memengaruhi aliran normal darah di saraf dan menyebabkan kesemutan.

2. Sakit di tangan dan kaki
Akumulasi kolesterol bisa menyumbat pembuluh darah kaki dan tangan. Penumpukan kolesterol ini dapat terjadi terus-menerus dan membuat tangan serta kaki sakit.

3. Sakit kepala di belakang kepala
Penyumbatan pembuluh darah di daerah sekitar kepala menyebabkan sakit kepala di bagian belakang kepala. Ini terjadi ketika pembuluh darah tersumbat oleh plak kolesterol. Jika ini dibiarkan, pembuluh darah bisa pecah dan menyebabkan stroke.

4. Nyeri dada di sisi kiri
Nyeri dada terutama di sisi kiri menandakan penyumbatan pembuluh darah di sekitar jantung dan bisa menimbulkan rasa sakit. Terkadang rasa sakitnya bahkan bisa menjalar ke leher.

Sementara Mayo Clinic melaporkan bahwa faktor risiko kolesterol tinggi meliputi beberapa hal. Di antaranya adalah diet yang buruk, kegemukan, kurang olahraga, merokok, usia, dan diabetes.

BERITA TERKAIT