test

News

Rabu, 5 Oktober 2022 10:42 WIB

Polri Siap Dukung Target Presiden Dua Juta Kendaraan Listrik

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus (Foto: PMJ News/Humas Polri)

PMJ NEWS - Pemerintah Indonesia menargetkan sebanyak dua juta penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Polri siap mendukung target yang dicanangkan Presiden terkait kendaraan listrik.

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan Polri sangat mendukung target Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memenuhi target 2 juta kendaraan listrik.

"Kendaraan listrik yang sudah terdaftar sampai September ini 23 ribu, 22 ribu kendaraan roda dua, tandanya ada pada plat nomor ada garis warna biru. Regulasi sudah kami revisi, Perpol Nomor 7 tentang Registrasi dan Identifikasi kendaraan,” ujar Yusri dikutip dari laman NTMC Polri, Rabu (5/10/2022).

Yusri menambahkan, dalam tahapan registrasi kendaraan bermotor, kepolisian berada di tahapan terakhir setelah Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perhubungan.

“Nomor rangka kendaraan listrik sangat panjang, maka STNK dan BPKB sudah kami ubah dan sesuaikan. Kemarin sempat ada kendala, kendaraan listrik nomor rangka ada, nomor mesin ga ada. Maka kami menemukan pengganti nomor mesin dengan nomor penggerak,” tuturnya.

Lebih lanjut, untuk kendaraan listrik akan ditandai dengan warna biru pada plat nomor. Kementerian SDM juga mendorong Kepolisian untuk membuat regulasi perubahan sepeda motor konvensional ke listrik.

“Implementasi Inpres nomor 07 Polri yang pertama, G20 sudah ada 186 unit mobil dan motor listrik untuk pengawalan. Kedepan semua mobil dan motor patroli lalulintas menggunakan listrik untuk tahun depan,” tandasnya.

BERITA TERKAIT