test

News

Senin, 3 Oktober 2022 11:02 WIB

Jokowi: Mungkin Sebentar Lagi Kita Nyatakan Pandemi Covid-19 Berakhir

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi dalam acara peluncuran gerakan kemitraan inklusif untuk UMKM naik kelas di Gedung Smesco, Jakarta Selatan. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai saat ini pandemi Covid-19 sudah mulai mereda. Kepala Negara menyebut kemungkinan pemerintah segera menyatakan pandemi berakhir.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi dalam acara peluncuran gerakan kemitraan inklusif untuk UMKM naik kelas di Gedung Smesco, Jakarta Selatan, Senin (3/10/2022).

"Pandemi memang sudah mulai mereda, mungkin sebentar lagi juga akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir," ujar Jokowi seperti dilihat dari siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Kendati begitu, Jokowi tetap mengingatkan kembali terkait situasi ekonomi dunia belum pada posisi yang baik-baik saja. Semua negara berada pada kondisi sulit.

"Berulang saya sampaikan situasi ekonomi dunia betul-betul pada posisi tak baik-baik saja. Ketidak pastian sangat tunggu. Semua negara kondisi sangat sulit. Bahkan negara maju pada posisi sangat sulit," ucapnya.

Jokowi mengatakan, hal yang sama juga dialami oleh negara-negara maju. Menurut dia, dunia saat ini dilanda situasi ketidakpastian. Tapi Indonesia masih bisa tumbuh 5,44 persen di kuartal II 2022.

"Pemilihan ekonomi pasca pandemi belum kembali normal. Karena selain pandemi ditambah karena perang Ukraina. Kita tau sekarang ini krisis pangan energi dan finansial sedang terjadi. Tapi negara kita di kuartal II tahun 2022 ini masih bisa tumbuh 5,44 persen," tukasnya.

BERITA TERKAIT