test

Politik

Rabu, 6 November 2019 14:32 WIB

Jokowi Minta Bank Membantu Permodalan UMKM

Editor: Redaksi

Presiden Jokowi dalam sebuah kesempatan. (Foto: Dok Net)

PMJ – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghimbau bank-bank besar tidak hanya menyalurkan kredit kepada perusahaan besar saja. Jokowi menjelaskan bahwa banyak perusahaan kelas usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM) perlu bantuan permodalan dari perbankan.

"Untuk itu saya mengajak bapak ibu semuanya jangan hanya membiayai yang besar-besar saja. Memang enak membiayai yang besar-besar itu. Saya tahu. Sekali lagi jangan membiayai yang besar-besar saja. Ini kalau tepuk tangan artinya bapak ibu semuanya setuju," kata Jokowi saat membukan Indonesia Bank Expo 2019, di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

"Dan jangan membiayai yang itu-itu saja. Tepuk tangan lagi artinya setuju. Dan jangan hanya berkantor di Jakarta saja. Buka cabang di Wamena. Jangan enggan turun ke bawah," sambungnya.

Jokowi menjelaskan ada 60 juta UMKM di Indonesia dan yang fokus ke sektor UMKM hanya PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (UMKM). Oleh karena itu, Jokowi meminta keterlibatan bank-bank besar lainnya untuk membantu pemodalan ke UMKM.

"Bapak ibu akan rasakan, oh ini Indonesia tidak hanya Sudirman-Thamrin. Memerlukan sentuhan bapak ibu sekalian. Kita tahu, saya tahu, bahwa memberikan ke yang besar itu untungnya besar dan biaya lebih murah,” ungkap Jokowi.

“Kalau yang kecil biaya lebih tinggi, capek, untungnya lebih kecil. Saya tahu. Tapi saya mengajak kepada kita semuanya untuk mulai mau memperhatikan mereka untuk masa depan bangsa dan negara kita," pungkas Jokowi. (BHR)

BERITA TERKAIT