test

News

Kamis, 29 September 2022 13:45 WIB

Dari 2 Juta Pernikahan, 400 Ribu Pasangan Bercerai Setiap Tahun

Editor: Ferro Maulana

Ilustrasi perceraian. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin menerangkan, Indonesia saat ini tengah menghadapi masalah ketahanan keluarga.

Menurut data tersebut, angka perceraian menunjukkan 400.000 pasangan bercerai dari 2 juta pernikahan setiap tahunnya.

"Kita bisa bayangkan 400.000 orang bercerai setiap tahun. Itu artinya 400.000 janda, duda dan mungkin jutaan anak yatim setiap tahun," terang Kamaruddin di Jakarta, Rabu (28/09/2022).

Kamaruddin melanjutkan, masifnya angka perceraian di Tanah Air berdampak terhadap ketahanan nasional. Alasannya, ratusan ribu duda, janda, hingga anak yatim bakal menciptakan masalah sosial di tengah masyarakat.   

Namun demikian, Kemenag melakukan pencegahan dengan revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) untuk memitigasi masalah keluarga.

Seperti, untuk Bimbingan Pra Nikah dan Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin (Bimwin Catin), Kemenag bekerja sama dengan lembaga terkait. Contohnya Kemenkes dan BKKBN.

"Tujuannya bisa menekan angka perceraian, angka perkawinan anak, stunting, dan kekerasan dalam rumah tangga,” tuturnya.

“Karena mereka dibekali berbagai informasi pengetahuan, maka mereka bisa betul-betul membangun keluarga sakinah mawadah warahmah," sambungnya.

Di kesempatan yang sama, Kamaruddin berharap KUA menjadi pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama.

BERITA TERKAIT