test

News

Selasa, 20 September 2022 13:02 WIB

Jokowi Resmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi 1. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua jalan tol yang akan segera dioperasionalkan, yakni Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi 1 pada Selasa (20/9/2022).

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1 yang segera bisa kita operasionalkan," ujar Jokowi saat peresmian.

Dalam penuturannya, Jokowi mengatakan pengoperasionalan Jalan Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 27,2 kilometer tersebut akan mempercepat mobilitas barang, terutama barang-barang dari kawasan industri dan logistik di Karawang dan Bekasi.

"Sangat cepat dengan jalan Tol Cibitung-Cilincing ini dihantarkan kepada pelabuhan yang ada di Jakarta wilayah utara. Kecepatan inilah yang nanti akan mempermudah mobilitas barang dan tentu saja dengan kecepatan itu akan memperkuat daya saing produk-produk Indonesia yang akan diekspor," jelasnya.

Jokowi berharap jalan Tol Cibitung-Cilincing yang akan dioperasikan dapat memberikan pelayanan kepada truk-truk logistik.

“Diharapkan ini dapat memberikan pelayanan terhadap truk-truk kontainer barang-barang yang akan diekspor maupun barang-barang impor yang akan menuju ke kawasan industri ke kawasan logistik yang ada,” paparnya.

Kehadiran Jalan Tol Cibitung-Cilincing merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang ditargetkan JORR 2 selesai pada akhir tahun 2023.

Sementara itu, Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1 sepanjang 5,1 kilometer merupakan bagian JORR 3. Keberadaan JORR 2 dan JORR 3 tersebut diharapkan dapat mengurangi tingkat kemacetan di DKI Jakarta.

"Nanti kalau JORR 2, JORR 3 selesai, dari barat ke timur, dari timur ke barat, tidak usah melalui tengah Jakarta. Ini yang akan mengurangi kemacetan yang ada di DKI Jakarta," pungkasnya.

BERITA TERKAIT