test

News

Kamis, 18 Agustus 2022 13:05 WIB

Presiden Jokowi Minta Pejabat Pemda Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Fajar Ramadhan

Presiden Jokowi. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden).

PMJ NEWS -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendesak para pejabat Pemerintah Daerah (Pemda) untuk lebih memperhatikan data-data terkait inflasi. Jokowi meminta kepada Pemda untuk segera mencari solusi apabila terdapat harga barang yang naik pesat.

"(Pejabat) provinsi ini harus tahu, posisi inflasi saya di angka berapa. Nanti saya ke daerah, kalau saya tanya jangan gelagapan nggak ngerti inflasinya di angka berapa," ujar Jokowi dalam Rakornas Pengendalian Inflasi 2022, Kamis (18/8/2022).

Jokowi mengingatkan bahwa jangan sampai ada pejabat daerah yang tidak mengerti terkait inflasi serta memahami soal harga-harga kebutuhan pokok.

"Harus tahu, mana yang tinggi (harganya), mana yang normal, mana yang rendah," jelasnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga meminta kepada Tim Pengendali Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID) untuk lebih sering memantau kenaikan harga kebutuhan pokok.

"Tanyakan di daerah kita, apa yang harganya naik, yang sebabkan inflasi? Bisa saja beras, bisa. Bisa saja tadi bawang merah, bisa. Bisa saja cabai. Dicek TPIP, daerah mana yang miliki pasokan cabai melimpah atau pasokan beras melimpah, disambungkan," tandasnya.

BERITA TERKAIT