test

News

Jumat, 5 Agustus 2022 16:03 WIB

Cegah Pelecehan Seksual, Transjakarta Pasang CCTV Pengenal Wajah Bermasker

Editor: Hadi Ismanto

PT Transjakarta memasang CCTV dengan deteksi face recognition atau pengenalan wajah. (Foto: PMJ News/Twitter @kabarpenumpang)

PMJ NEWS - Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta, Yoga Adiwinarto mengatakan pihaknya akan memasang CCTV dengan deteksi face recognition atau pengenalan wajah di beberapa halte Transjakarta akan dilakukan secara bertahap.

Hal ini disampaikan Yoga saat menggelar kampanye 'Stop Pelecehan Seksual #TjegahBersama dan #BeraniLapor' di Halte Harmoni, Jakarta Pusat, Jumat (5/8/2022).

Menurut dia, dengan pemasangan ini diharapkan tidak ada titik buta atau blindspot. Hal ini untuk mencegah dan mengidentifikasi apabila terjadi laporan dugaan pelecehan seksual di halte Transjakarta.

"Di halte-halte kami dan juga di bus itu sudah tidak ada lagi blindspot yang di mana semua area itu pasti ketauan dari CCTV-nya tapi pasti lebih ke arah upgrade teknologinya sehingga kita bisa langsung mengidentifikasi," ungkap Yoga , Jumat (5/8/2022).

Lebih lanjut Yoga menjelaskan, teknologi yang dipakai oleh PT Transjakarta saat ini diharapkan dapat mendeteksi seseorang meski hanya melalui mata. Pasalnya, para pengguna memang masih diwajibkan mengenakan masker.

"CCTV yang sekarang ini sebenarnya dari sisi jumlah sudah mumpuni, namun kami sedang mengupgrade beberap CCTV, kami terutama yang di halte untuk bisa face recognitionnya," tuturnya.

Terkait kampanye 'Stop Pelecehan Seksual #TjegahBersama dan #BeraniLapor' ini, Yoga mengimbau kepada para pelanggan agar tidak ragu melaporkan kejadian tindakan pelecehan seksual kepada petugas di halte terdekat atau melapor langsung melalui hotline 112.

"Kami committ mendampingi korban dari penanganan sampai ke pelaporan. Dalam kesempatan ini dari Transjakarta mendorong stop pelecehan seksual," tukasnya.

BERITA TERKAIT