test

News

Rabu, 20 Juli 2022 10:40 WIB

Waspada Penipuan Permintaan Pencairan Dana Via WA Mengatasnamakan PPATK

Editor: Fitriawan Ginting

Imbauan PPATK (Foto: PMJ/Web Setkab).

PMJ NEWS - Masyarakat diminta untuk waspada atas aksi penipuan yang mengatasnamakan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Hal ini disampaikan langsung oleh PPATK melalui pernyataan resminya di akun Facebooknya yang telah terverifikasi.

Dikatakan, modus penipuan di antaranya meminta sejumlah uang untuk mencairkan dana transfer dari luar negeri melalui layanan WhatsApp dan telepon.

"Informasi tersebut tidak benar," tulis pernyataan dari PPATK, di akun Facebook resmi PPATK, Selasa (19/7/2022).

Selain mewaspadai, PPATK juga meminta, masyarakat mengabaikan jika menerima pesan atau telepon berisi penipuan mengatasnamakan PPATK. Bahkan, bila perlu dilaporkan ke pihak berwajib.

PPATK memastikan, pihaknya tidak menghubungi masyarakat secara personal apalagi lewat telepon, pesan singkat, dan pesan WhatsApp. Di sisi lain, PPATK juga berpesan, masyarakat agar menjaga data pribadi, seperti KTP hingga nomor rekening.

"Seluruh layanan PPATK tidak dipungut biaya apa pun. Karena itu, jangan mudah tergiur. Informasi lebih lanjut hubungi call center PPATK di 021-195 atau email contact-us@ppatk.go.id," demikian pernyataan PPATK.

Sebelumnya, PPATK mengingatkan masyarakat untuk lebih jeli memilih lembaga donasi, memastikan dananya disalurkan secara benar, tepat dan amanah.

BERITA TERKAIT