test

News

Kamis, 14 Juli 2022 16:42 WIB

Resmi Dirilis, Ini 7 Makna Logo HUT Kemerdekaan RI ke-77

Editor: Hadi Ismanto

Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara secara resmi meluncurkan logo peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. (Foto: PMJ News/Instagram Kemensesneg)

PMJ NEWS - Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) secara resmi telah meluncurkan logo peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022.

Informasi logo HUT RI ke 77 dan tema peringatan HUT Ri tahun 2022 sudah diumumkan melalui postingan (@kemensegneg.ri) pada Senin, 11 Juli 2022 lalu.

Tampilan logo HUT ke-77 RI tersebut diluncurkan melalui akun resmi Instagram Kemensetneg @kemensetneg.ri, Senin (11/7/2022). Tahun ini peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ini bertema 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat'.

"Pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, tema yang diambil adalah Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat," tulis akun @kemensetneg.ri.

Dalam foto postingan yang diunggah oleh Kemensetneg, terlihat gambar berlatar merah dengan tulisan Dirgahayu Republik Indonesia di atas angka 77 berwarna putih. Kemudian, di bawah angka 77 terdapat tulisan tema HUT RI ke 77 tahun 2022 yaitu 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat'.

Selain perilisan tema dan logo HUT RI ke 77, Kemensetneg juga menjelaskan 7 makna di balik angka 77. Hal itu merupakan filosofi dari logo HUT RI ke 77 tahun 2022 ini.

1. Percepatan dan Pergerakan (Dua Panah ke Atas): maknanya gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.
2. Progress dan Pembangunan (Dua Anak Tangga): maknanya sebagai representasi progres dan pembangunan segala sektor di Indonesia dengan harapan dapat mendorong bangsa yang lebih maju.
3. Demokrasi dan Keterbukaan (Bagian Atas Terpotong): maknanya melambangkan keterbukaan Bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemilihan kondisi dunia.
4. Semangat Juang dan Garuda Pancasila (Garis dan Sudut Runcing): maknanya melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.
5. Sinergi dan Harapan (Dua Garis Melengkung): maknanya melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia maju.
6. Penghubung Antarbangsa (Sudut Penghubung): maknanya melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.
7. Persatuan Indonesia (Siluet Angka Satu): maknanya melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangka Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu.

BERITA TERKAIT