test

News

Jumat, 8 Juli 2022 11:45 WIB

Kondisi Sakit, 134 Jemaah Haji Indonesia Prosesi Wukuf Akan Disafarikan

Editor: Ferro Maulana

Pelaksanaan Ibadah Haji. (Foto: PMJ News/Ilustrasi).

PMJ NEWS -  Hari ini Jumat (8/7/2022), seluruh jemaah haji dari berbagai negara berkumpul di Padang Arafah. Para jemaah siap memulai rangkaian ibadah puncak haji yang diawali prosesi wukuf.

Sementara itu, seluruh jemaah haji Indonesia sudah diberangkatkan ke Arafah. Khusus 134 jemaah, prosesi wukufnya akan disafarikan.

Berdasarkan data dihimpun tim Media Center Haji (MCH) 2022 dari data Kasi Bimbad dan KKHI Makkahz per tanggal 7 Juli 2022, pukul 18.50 WAS, ada 134 jemaah yang terpaksa menjalani safari wukuf karena dalam kondisi sakit.

Jemaah itu akan disafariwukufkan menggunakan bus.Rinciannya, 106 safari wukuf dalam kondisi duduk, dan 27 safari wukuf dalam Kondisi baring.

"Satu safari wukuf duduk dari RS Arab Saudi."

Sedangkan, total jemaah yang dibadalkan atau digantikan hajinya berjumlah 56 orang. Rinciannya, 27 orang dibadalkan karena wafat selama di Saudi, satu orang dibadalkan karena wafat saat di embarkasi, satu orang dibadalkan karena wafat tahun 2019.

Berikutnya, 15 orang dibadalkan hajinya karena sakit berat dan masih menjalani perawatan di KKHI dan terakhir 12 orang dibadalkan hajinya karena masih sakit berat di RS Arab Saudi.

Orang yang membadalkan haji untuk jemaah wafat dan sakit yaitu para petugas PPIH yang sebelumnya sudah berhaji.

Data ini akan terus berkembang seiring dengan kondisi kesehatan para jemaah. Data akan terhimpun sempurna saat waktu wukuf tiba.

BERITA TERKAIT